Penerapan Warna Pada Ruang Terapi Anak Autis

Vallencia Dwinanda, Tessa Eka Damayanti, Yuma Chandrahera

Abstract


Warna pada ruangan interior adalah hal yang penting diperhatikan karena sangat berpengaruh pada suasana ruang dan suasana hati termasuk psikologis manusia. Dalam merancang ruangan, seorang desainer harus memperhatikan kebutuhan pengguna ruang dan fungsi dari sebuah ruangan agar tercapai tujuan merancang dengan tepat. karena itu seorang anak dengan penyandang autisme membutuhkan terapi khusus, dalam hal ini yaitu terapi pada warna didalam sebuah ruangan. Sayangnya beberapa orang kurang menyadari hal ini walaupun sudah banyak juga yang sudah teredukasi untuk membantu terapi pada anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruhnya terapi warna pada anak autis, mencangkup kenyamanan pengguna, pengaruh terhadap psikologis pengguna, dan dampak aktivitas pada pengguna ruang. Dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan penjelasan mengenai dampak warna terhadap anak autism. Warna yang baik untuk ruang anak autism adalah dengan mengaplikasikan satu tone warna dengan warna yang tidak kompleks seperti mengapliksikan warna merah kuning dan hijau dalam satu ruang. Dengan begitu penilitian ini bermanfaat untuk mengetahui warna yang baik di aplikasikan pada ruang untuk terapi bagi anak penyandang autism.


Keywords


Autisme, Ruang Terapi, Aplikasi warna, psikologis warna.

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. D. (2018). Penerapan Warna Pada Ruang Interior Anak Autis. E-Jurnal, Vol 5 (2), 40.

Autism Spectrum Disorder, 299.00 (F84.0). In: American Psychiatric Association. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fifth Edition. American Psychiatric Publishing; 2013.

Cherry, C. P., & Underwood, L. (2012). The ideal home for the autistic child: physiological rationale for design strategies. Autism Sci Dig J Autismone, 3.

Sakya, K. A. (2016). Desain Interior Lembaga Terapi Autis di Kota Bandung, INDONESIA. E-Journal, 11.

Shareef, S., & Farivarsadri, G. (2019). The impact of colour and light on children with autism in interior spaces from an architectural point of view. International Journal Of Arts And Technology, 11(2), 153.

Sidqi, K. Z. T. (2016). Program Bimbingan Baca Tulis Al Aqur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sd Azzam Ketileng Semarang. E-Journal. Vol 3, 83.

St, S. (2016, may 25). PENGANTAR PENELITIAN KUALITATIF. E-Journal. Retrieved December 22, 2021, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v7i1.12024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi