Literature Review: Pengaruh Elemen Desain Ruang Capsule Hotel Terhadap Faktor Psikologis Konsumen

Angelia Vina Monica, Dona Saphiranti

Abstract


Ruang pada capsule hotel merupakan ruang tertutup dengan luasan yang terbatas sehingga desain ruang interior kapsul dalam membentuk pengalaman ruang memiliki peran yang penting dalam memberikan kenyamanan bagi psikologis konsumen. Hal ini dapat mempengaruhi Marginal Willingness to Pay (MWTP) dari konsumen. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui bagaimana elemen-elemen desain interior pada ruang sempit khususnya capsule hotel membentuk pengalaman ruang yang dapat mempengaruhi psikologis konsumen, dimana hal ini dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli. Metode: Literature review berdasarkan topik terkait. Analisa dilakukan terhadap 8 jurnal penelitian dengan 3 jurnal penelitian yang membahas tentang consumer behaviour dan 5 jurnal penelitian yang membahas mengenai 5 elemen desain interior. Pembahasan: Kelima elemen desain interior tersebut mempengaruhi persepsi ruang yang dialami oleh konsumen. Hal ini mempengaruhi kenyamanan konsumen ketika menginap di capsule hotel. Pengalaman yang dirasakan oleh konsumen ini kemudian mempengaruhi post purchase evaluation sehingga penting untuk dikaji. Kesimpulan: Faktor psikologis konsumen merupakan faktor yang berada di bawah alam sadar dan tidak disadari oleh konsumen namun memiliki pengaruh terhadap post purchase evaluation konsumen. Pemahaman mengenai consumer behaviour merupakan hal yang penting dan perlu untuk terus dikaji seiring dengan perkembangan industri pariwisata.


Keywords


capsule hotel; desain interior; persepsi ruang

Full Text:

PDF

References


Barmola, K. (2010). The Role of Consumer Behaviour in Present Marketing Management Scenario. https://www.researchgate.net/publication/333774589

Chen, H. J., Wong, S. W., Bilgihan, A., & Okumus, F. (2020). Capsule hotels: Offering Experiential Value or perceived as risky by tourists? An optimum stimulation level model. International Journal of Hospitality Management, 86. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2019.102434

Colbu, I. C., Scutariu, L., & Scutariu, A. L. (2008). Aspects regarding the consumer buyer behaviour for budget hotels in Ireland. https://www.researchgate.net/publication/23645993

Fang, L. (1998). Impact of temperature and humidity on the perception of indoor air quality. Indoor Air, 8(2), 80–90. https://doi.org/10.1111/j.1600-0668.1998.t01-2-00003.x

Horvat, M., Domitrović, H., & Grubeša, S. (2005). Acoustic Treatment of Small Spaces. https://www.researchgate.net/publication/228903086

Lee, W. S., Lee, J. K., & Moon, J. (2018). Study on the preference for capsule hotel attributes using a choice experiment. Tourism Economics, 24(4), 492–499. https://doi.org/10.1177/1354816618765345

Nagayasu, M., Nakamura, M., & Masuda, M. (1998). Effect of Wood Ratio and Area in Interior Space on the Psychological Images: in the Case of Experiment Using a Loft in a Loghouse. For. Res. , 70, 19–27. https://www.cabdirect.org/cabdirect/abstract/19920661658

Savavibool, N., & Moorapun, C. (2017). Effects of Colour, Area, and Height on Space Perception. Environment-Behaviour Proceedings Journal, 2(6), 351. https://doi.org/10.21834/e-bpj.v2i6.978

Sekido, Y., Nishide, K., & Takahashi Takashi. (2000). Psychological Effects of Differences in Ceiling Heights in Small Spaces. https://www.jstage.jst.go.jp/article/aija/65/531/65_KJ00004223645/_article

Yu, H., & Akita, T. (2019). The Effect of Illuminance and Correlated Colour Temperature on Perceived Comfort According to Reading Behaviour in a Capsule Hotel. Building and Environment, 148, 384–393. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2018.11.027




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v7i1.13068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi