Analisis Desain Interior Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Studi Komparatif Pada Perpustakaan Universitas Negeri Andalas dan Universitas Putra Indonesia YPTK

Rahmatul Ikhsan

Abstract


Penelitian ini membahas desain interior pada perpustakaan perguruan tinggi studi komparatif pada Perpustakaan Universitas Andalas dan Universitas Putra Indonesia YPTK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan dan membahas tentang desain interior antara kedua perpustakaan, apakah interior tersebut sesuai dengan kenyamanan dan standar-standar yang yang telah ditetapakan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha menemukan realitas, yaitu membangun realitas sosial yang diciptakan oleh individu-individu dan memahami maknanya sehingga penelitian kualitatif biasanya sangat memperhatikan proses, peristiwa dan otentisitas. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah kedua perpstakaan memiliki elemen interior yaitu bidang, garis, bentuk, tekstur, cahaya dan warna, akan tetapi elemenelemen tersebut mempunyai perbedaan antara keduanya, ada yang telah memenuhi standar dan ada juga yang belum sesuai dengan standar. Dengan adanya penelitian ini semoga bermanfaat untuk penelitian selanjutnya dan juga membantu memudahkan dalam melakukan perencanaan sebuah perpustakaan.

Keywords


interior; perpustakaan; desain

Full Text:

PDF

References


Andie A. Wicaksono, E. T. (2014). Teori Interior. Jakarta: Griya Kreasi.

Angkouw, R. (2012). Ruang Dalam Arsitektur Perilaku. Media Matrasain, 69.

Budiono, E. S. (2014). Desain Interior Perpustakaan sebagai Sarana Edukasi dan Hiburan dengan Konsep Post Modern. Jurnal Sains dan Seni Pomits.

Fahmi, Y. (2013). Desain Gedung Perpustakaan Perguruan Tinggi (Antara Fungsi dan Nilai Estetika). Khizanah Al-Hikmah, 143.

Mansyur. (2017). Pengaruh Desain Interior Terhadap Kenyamanan Membaca Pemustaka Di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi, 17-19.

Neufert, E. (2002). Data Arsitek. Jakarta: Eirlangga.

Novarika Ariyanti, S. P. (2014). Peran Desain Interior Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi pada Perpustakaan SMK Negeri 4 Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1869.

Purnomo, K. A. (2010). DESAIN INTERIOR SEKOLAH TAMAN KANAK KANAK CUYPERS GLOBAL SCHOOL DI SURAKARTA. Tugas Akhir, 11-12.

Rifauddin, M. (2018). KONSEP DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN UNTUK MENARIK MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA. Jurnal Pustakaloka, 167. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v5i1.6606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jdi