Studi Alinyemen dan Perkerasan Jalan di Ruas Jalan Nasional Selat Lampa – Teluk Depih – Simpang Sekunyam, Kepulauan Natuna

Fauzi Ahmad, Indrasurya B. Mochtar, Soendiarto Soendiarto, K. Zulkarnain

Abstract


Pembangunan jalan baru Selat Lampa – Teluk Depih – Simpang Sekunyam digunakan sebagai jalan utama yang menghubungkan pelabuhan dan pusat kota sehingga akan mendukung pengembangan kawasan di lokasi pelabuhan terbesar di Pulau Natuna serta upaya dalam meningkatkan pertahanan dan keamanan wilayah terluar dari isu geopolitik yang sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi terhadap kesesuaian perencanaan geometrik jalan mengacu kepada Metode Bina Marga No. 038 T/BM/1997 ditinjau dari sisi alinyemen horizontal maupun alinyemen vertikal. Selain itu, tujuan lainnya adalah melakukan studi terhadap kebutuhan perkerasan lentur mengacu kepada MDP 2017 dan AASHTO 1993 sesuai dengan beban lalu lintas yang ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa trase rencana terdapat 41 tikungan, 4 diantaranya belum memenuhi standar jari – jari minimum dengan kecepatan rencana 40 km/ jam yaitu 50 m serta terdapat jarak antar lengkung dan landai maksimum yang masih di bawah standar. Untuk kebutuhan tebal perkerasan metode MDP 2017 didapatkan sebesar 405 mm sedangkan metode AASHTO sebesar 360 mm.

Full Text:

PDF

References


AASHTO. (1993). Officials Guide for Design of Pavement Structures. American Association of State Highway and Transportation. USA.

Agustono, Decha Julian. (2021). “Perancangan Geometrik Jalan dan Perkerasan Jalan Lentur pada Jalan Sidodadi – Sanerejo – Batas Banyuwangi di Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur”. Skripsi Sarjana. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Direktorat Jenderal Bina Marga, (1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Departemen Pekerjaaan Umum. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2020). Suplemen Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2017. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta

Febrama, Zilki Arfansya. (2018). “Perencanaan Konstruksi Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Jalan Tol Semarang – Batang dengan Metode AASHTO Ditinjau dari Segi Ekonomi”. Skripsi Sarjana. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Gusti, Rizki. dkk. (2020). “Studi Perancangan Geometrik dan Perkerasan Lentur Jalan Ring Road Timur (JRRT) Kota Madiun”. Jurnal [8] Teknik ITS Vol. 9, No. 1, (2020). ISSN: 2337-3539. Surabaya.

Mantiri, Cynthia Claudia, dkk. (2019). “Analisa Tebal Perkerasan Lentur Jalan Baru dengan Metode Bina Marga 2017 dibandingkan Metode AASHTO 1993”. Jurnal Sipil Statik, Vol. 7 No. 10 (1303-1316), ISSN : 2337-6732.

PerMen PU. 19/11. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum tentang Persyaratan Teknis Jalan dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan. Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.

PPK 1.4, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Kepulauan Riau. (2020). Gambar Rencana Paket Pembangunan Jalan Selat Lampa – Teluk Depih – Sp. Sekunyam (Pengalihan Trase) UMYC. Kepulauan Riau.

Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Kepulauan Riau. (2020). Kajian Geologi Teknik di Jalan Nasional Selat Lampa – Sekunyam KM 8+375 – 9+600. Kepulauan Riau.

Sukirman, Silvia. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Penerbit Nova. Bandung.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 2(1) Maret 2018.

WSDOT. (2005). Pavement Guide Interactive. Washington State Department of Transportation. USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v6i0.12076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.