Evaluasi Alternatif Cross Drain di Ruas Jalan Nasional Selat Lampa – Teluk Depih – Simpang Sekunyam, Kepulauan Natuna
Abstract
Pembangunan jalan baru Selat Lampa – Teluk Depih – Sp. Sekunyam pada tahun 2018 hingga 2022 dengan panjang 14,9 km merupakan pengalihan trase dari jalan eksisting yang memiliki grade lebih dari 16% dengan tikungan tajam sehingga hanya mampu dilalui oleh kendaraan dengan bobot kurang dari 5 ton. Pada sta 0+000 – 08+240 sudah selesai dibangun pada tahun 2019. Untuk Sta 08+240 – 14+890 sedang dalam pengerjaan melalui paket kontrak tahun jamak tahun 2020 -2022. Pada Sta 10+750 dan 11+700 , perlu dilakukan evaluasi terhadap dimensi dan alternatif cross drain yang sesuai. Karena di atas lereng lokasi tersebut terlihat adanya daerah tangkapan hujan yang cukup luas yang diperkirakan dapat menghasilkan aliran air sungai yang cukup besar menuju ke laut. Metode analisis yang diterapkan pada penulisan ini meliputi analisis hidrologi yang bertujuan menghitung debit rencana dengan menggunakan metode rasional dan analisa hidrolika untuk menghitung kapasitas debit cross drain. Kedua hasil ini disesuaikan dengan kondisi kontur eksisting yang curam untuk pemilihan alternatif cross drain yang sesuai. Evaluasi menunjukkan debit limpasan pada kala ulang 50 tahun adalah 15,10 m3/detik pada sta 10+750, dan 25,55 m3/detik pada sta 11+700, maka ukuran box culvert yang direkomendasikan pada sta 10+750 adalah tipe double 4,0 m x 3,0 m, dan pada sta 11+700 adalah tipe double 6,0 m x 3,0 m. Setelah dilakukan penyesuain dengan kondisi eksisting, maka pada sta 10+750 lebih sesuai jika menggunakan jembatan busur, sedangkan pada sta 11+700 tetap menggunakan box culvert dengan penyesuaian cutting jalan pendekat atau dengan timbunan yang diperkuat.
Full Text:
PDFReferences
Adiwijaya. (2016). Modul Perencanaan Drainase Permukaan Jalan. Penerbit Pusat Litbang Jalan dan Jembatan. Bandung.
Asnaning A. R. (2020). “Evaluasi Dimensi Box Culvert pada Saluran Drainase Jalan Arteri Soekarno Hatta (Studi Kasus: Ruas Untung Surapati Hajimena)”. Jurnal Ilmiah Teknik Pertanian. Volume 12 no 1. April 2020.
Bambang Triatmodjo, (2010), Hidrologi Terapan, Beta Offset, Yogyakarta
Chow, VenTe & Nensi Rosalina, (1997). Hidrolika Saluran Terbuka. Cetakan ke–4. Erlangga, Jakarta.
Dinata I. A. (2020). Laporan Akhir Kajian Geologi Teknik di Jalan Nasional Selat Lampa – Sekunyam KM 8+375 – 9+600. Provinsi Kepulauan Riau.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2005). Standar Gorong-gorong Persegi Beton Bertulang (Box Culvert) Tipe Single. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2005). Standar Gorong-gorong Persegi Beton Bertulang (Box Culvert) Tipe Double. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2006). Perencanaan Sistem Drainase Jalan Pd-T02-2006-B. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2018). Spesifikasi Umum 2018 Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 2). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta.
Lestari U. S. (2016). “Kajian Metode Empiris untuk Menghitung Debit Banjir Sungai Negara di Ruas Kecamatan Sungai Pandan (Alabio)”. Jurnal POROS TEKNIK Volume 8 No. 2. Desember 2016.
PPK 1.4 Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Kepulauan Riau. (2020). Gambar Rencana Paket Pembangunan Jalan Selat Lampa Teluk Depih – Sp. Sekunyam (Pengalihan Trase) (UMYC). Provinsi Kepulauan Riau
Pranoto, Y. & Padudung, Y.N. (2021). “Analisis Kapasitas Struktur Atas Jembatan Mahakam IV (Tipe Arch Bridge) Kalimantan Timur”. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Volume 19, No. 1. Februari 2021.
Satuan Kerja Non Vertikal P2JN Provinsi Kepulauan Riau. (2017). Perencanaan Teknis/ DED di Pulau Natuna Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi Kepulauan Riau Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Kepulauan Riau.
Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. Volome 2 No. 1. Maret 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v6i0.12078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jumlah Pengunjung :
Flag Counter
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.