Evaluasi Kecukupan Ruang Kuliah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Universitas Brawijaya

Devi Nuralinah, Achmad Wicaksono

Abstract


Perguruan tinggi yang memiliki prasarana memadai dan pengelolaan yang baik akan menjadi tolok ukur keberhasilan dalam menjalankan pendidikan. Universitas Brawijaya (UB) dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia tentu perlu melakukan beberapa kajian evaluasi kecukupan prasarana dan fasilitas yang telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kecukupan ruang kuliah yang tersedia di kampus utama UB guna meningkatkan kualitas pendidikannya.

Metode yang dilakukan hanya dengan mengukur tingkat kecukupan ruang kuliah yang ditentukan oleh luas ruang kelas per mahasiswa, dengan pembanding berupa (1) Standar Mutu UB dan (2) Target Capaian Kinerja Renstra UB Tahun 2015-2019.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat kecukupan ruang kuliah berdasarkan Standar Mutu UB dinilai telah memenuhi standar (lebih dari 100 persen) di hampir sebagian fakultas. Adapun tingkat pemenuhan berdasarkan Target Capaian Kinerja Renstra Tahun 2015-2019, pada akhir tahun 2019 memiliki kriteria belum memadai sebanyak 86 persen fakultas.


Full Text:

PDF

References


BSNP (2011). Rancangan Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Tinggi Program Pascasarjana dan Profesi. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Lestari, N.D, & Yusmiono, B.A., (2018). “Analisis Penggunaan Sarana dan Prasarana untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mahasiswa di Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2016/2017”. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Vol. 3, No. 1, Jan-Juni 2018, Hal.: 41-51.

Panday, R. (2017). “Prediksi Daya Tampung Kapasitas Ruang Kelas pada Perguruan Tinggi sebagai Bagian dari Target Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru: Studi Kasus”. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (SNEBIS). Fakultas Ekonomi, Universitas Krisnadwipayana, ISBN: 978-602-72236-2-2.

PPMA UI (2007). Pedoman Penjaminan Mutu Akademik Universitas Indonesia tentang Prasarana dan Sarana Akademik. Universitas Indonesia.

Suryani, S.A. (2019). “Peran Sarpras dalam Persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi”. Bimtek Pengembangan dan Pendayagunaan Sarpras PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah 6, Semarang, 23 Oktober 2019.

Sumarjo, H, & Purwantoro, D (2012). “Analisis Kecukupan Prasarana Pendidikan Fakultas Teknik UNY untuk Mendukung Program Renstra Tahun 2010-2014”. Jurnal INERSIA, Vol. VIII, No. 1, Hal.: 15-26.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas - JMAIF 2(1) Maret 2018, hal : 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v5i2.14503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.