Analisis Manajemen Risiko Korporasi pada Perusahaan Konstruksi (Ditinjau Dari Unsur Pemodal dan Konsultan Perencana)

Febrian Bimo Satriyo, Endang Taufiqurahman

Abstract


Penerapan Manajemen Risiko Korporasi sudah menjadi sebuah tuntutan utama dalam kegiatan operasional sebuah perusahaan saat ini. Manajemen Risiko Korporasi bisa diartikan sebagai upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menangani risiko yang telah terjadi atau yang akan terjadi di masa depan secara terencana, terstruktur, dan sistematis agar tidak menimbulkan kerugian yang besar. Manajemen risiko korporasi bertujuan untuk melindungi aset, sumber daya dan fasilitas perusahaan yang ada di dalam perusahan. Penelitian dilakukan pada 2 perusahaan konstruksi, yaitu Perusahaan Pemodal Pengembang Perumahan Gardenia Bekasi, dan Perusahaan Konsultan Perencana PT. Adinata Surya Pratama. Teknik analisa dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dekstriptif kuantitatif dengan menggunakan 4 buah dimensi Manajemen Risiko Korporasi yang disebarkan melalui kuesioner terhadap responden sebanyak 36 orang dan metode manajemen risiko. Di dalam penelitian ini akan dijelaskan tahapan manajemen risiko seperti: identifikasi risiko, pengukuran risiko, evaluasi risiko, dan respon risiko. Penelitian ini menunjukkan bahwa kedua perusahaan yang diteliti belum menerapkan manajemen risiko korporasi yang terstruktur.


Full Text:

PDF

References


COSO (2012). Internal Control - Integrated Framework Entreprise Risk Management. Committee of Sponsoring Organization (COSO) . Durham.

CRMS (2019). Survei Nasional Manajemen Risiko. PT. Cipta Raya Mekar Sahitya. Indonesia.

Fitriani F., et al (2020). “Analisis Manajemen Risiko Berdasarkan ISO 31000 pada Pesantren Luhur Al-Husna Wonocolo Surabaya”. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Capital 3(2) Maret 2020. E-ISSN 2598-9618.

Heizer, J. & Render B. (2011). Operations Management. 10th Edition. Pearson Education Inc. New Jearsey.

Hidayat, Nur. (2016). Corporate Tax Risk Management – Manajemen Risiko Perpajakan Perusahaan. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Ikatan Bankir Indonesia (2015). Manajemen Risiko 3. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

ISO 31000. ISO 31000:2018 Risk Management - Guidelines. International Standardization Organization.

Rani, A. Hafnidar (2016). Manajemen Proyek Konstruksi. Penerbit Deepublish. Yogyakarta.

Sirait, Normaria (2015). “Analisis Risiko Operasional Berdasarkan Pendekatan Enterprise Risk Management (ERM) Pada Perusahaan Pembuatan Kardus di CV Mitra Dunia Palletindo”. Jurnal Teknik Industri, 10(2) Mei 2015. Universitas Diponegoro. Semarang.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas – JMAIF 2(1) Maret 2018 :1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v5i3.15361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.