Evaluasi Kinerja Operasional Pada Aset Gedung Perkantoran Binacitra Di Kota Bandung

Syarah Shafura Rahmani, Ita Susanti

Abstract


PT Binacitra Kharisma Lestari adalah perusahaan yang bergerak pada industri garmen. Perusahaan ini juga mendalami bisnis properti sebagai pemilik gedung perkantoran Binacitra di kota Bandung. Kantor ini berdiri di lahan seluas 1.200 m2 dengan tinggi 5 lantai. Pada kondisi eksistingnya bangunan tersebut memiliki indikasi masalah diantaranya ialah KDH yang masih dibawah presentase standar, daerah gersang dan dekat dengan sumber polusi, material dinding bangunan yang rusak lembab karena usia fisik bangunan telah mencapai 30 tahun melebihi estimasi umur manfaat (estimated useful period) dan belum dilakukan perbaikan besar, standar keamanan pada proteksi kebakaran atau APAR yang telah kadaluarsa, dan tingkat sewa gedung 40%. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi gedung perkantoran Binacitra untuk mengidentifikasi kinerja aset gedung tersebut dan memberikan rekomendasi masalah menggunakan metode pengukuran berdasarkan A Systematic Review of Building Performance Evaluation Criterias oleh Christine Sotsek et. al dan Evaluasi Kinerja Gedung Kantor Comprehensive Assessment System for Built Environment Efficiency oleh JSBC. Bangunan perkantoran juga merujuk pada pendoman normatif dalam jenis bangunan gedung. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan campuran antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja operasional gedung perkantoran Binacitra adalah 51,21% yang diinterprestasikan sebagai cukup/memadai. Dimensi Physical Image/Apperance dan site use/biodiversity belum memadai. Terdapat 3 (tiga) indikator belum sesuai standar meliputi estetika bangunan, peningkatan keanekaragaman hayati, dan manajemen risiko bencana. Direkomendasikan solusi yaitu dengan melakukan renovasi aset. Renovasi ini bertujuan untuk perbaikan aset agar meningkatkan nilai kegunaan bangunan.


Full Text:

PDF

References


AAMCoG, A. A. M. C. G. (2008). Public Sector Asset Performance Measurement and Reporting. In

Abdurrahman, U. (2006). Kinerja Sistem Lumpur Aktif pada Pengolahan Limbah Cair. Surabaya.

Akhmad, Jaenuddin. 2012. Manajemen Perkantoran & Bisnis. Penerbit Lentera Ilmu Cendaka. Jakarta.

Bank Indonesia, (2022). Pertumbuhan Tahunan Indeks Perkembangan Properti Komersial Triwulan II, 2022. Diambil 17 oktober 2022 dari https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/default.aspx?kategori=perkembangan+propert i+komersial&periode=

Christine Sotsek, N.,Sanchez Leitner, D.,& Lacerda Santos, A . P. (2019). “A Systematic review of Buildingg Performance Evaluation Criterias (BPE)”. Revista ALCOPAT, 9(1), 1-4.

Creswell, John W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Pustaka pelajar. Yogyakarta.

Erwin Muhamad (2018). Hukum Lingkungan dalam Sistem Kebijaksanaan Pembangunan Lingkungan Hidup. Grafika Media. Bandung.

Grigg, N. (2019). “Infrastructure Engineering and Management”. John Wiley & Sons Limited. Australia.

Hanafi, Mamduh (2013). Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keenam. BPFE-Yogyakarta. Hanafi, Mamduh dan Abdul Halim. 2014. Yogykarta.

Haryadi, hendi. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staf. Selatan : Transmedia Pustaka. Jakarta.

Ida Nuraida. (2008). Manajemen Administrasi Perkantoran. Kanisius. Yogyakarta.

Ismail. (2010). Manajemen Perbankan. Kencana. Jakarta.

JSBC, W. G. o. C. f. M. P. I. (2015). CASBEE for Market Promotion. In J. S. B. Consortium (Ed.), Comprehensive Assessment System for Built Environment Efficiency, Technical Manual for Offices and Retails. Retrieved from http://www.ibec.or.jp/CASBEE/english/download/CASBEEMPe_2014manual.pdf

Klikalamat, (2015). PT Binacitra Kharisma Lestari, 2015. Diambil 17 Oktober 2022 dari https://klikalamat.com/bandung/pt-bina-citra-kharisma-lestari/

Maryati (2008). Manajemen Perkantoran Efektif. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Quible, ZK. (2013). Adminisrtrative Office Management, an Introduction. Edisi Ke tujuh. Prentice Hall: Upper Saddle River. New Jersey

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta Bandung.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v7i2.20771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.