Pengaruh Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi terhadap Ketersediaan Air Baku di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia

Rossana Margaret Kadar Yanti, Muhamad Fauzi

Abstract


Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memiliki jumlah penduduk sebanyak 178.681 jiwa pada tahun 2020 dan di prediksi akan meningkat sejalan dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke wilayah tersebut. Semakin bertambahnya jumlah penduduk di Kabupaten PPU maka semakin bertambah pula pasokan air yang harus di sediakan. Jumlah produksi air baku di Kabupaten PPU saat ini sebesar 385 lt/dt yang berada dalam kondisi defisit untuk memenuhi kebutuhan air baku di IKN nantinya. Hal tersebut melatarbelakangi pemerintah untuk menambah pasokan air baku dengan membangun Bendungan Sepaku Semoi. Atas dasar itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis apakah tambahan produksi air baku Bendungan Sepaku Semoi tersebut dapat menjamin kebutuhan air di Kabupaten PPU agar terpenuhi di setiap tahunnya dengan mempertimbangkan pemindahan IKN ke wilayah tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode aritmatik, geometrik, dan least square untuk proyeksi penduduk guna menganalisis kebutuhan air, serta metode F.J. Mock untuk analisis debit andalan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sepaku untuk menganalisis ketersediaan air baku. Hasil yang di peroleh adalah pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat memberikan pasokan air baku sebesar 2.360 lt/dt, dimana 1.860 lt/dt diantaranya dialokasikan menuju Kabupaten PPU dan 500 lt/dt sisanya dialokasikan menuju Kota Balikpapan. Tambahan pasokan air baku tersebut diprediksi hanya akan mencukupi kebutuhan air baku di Kabupaten PPU pada tahun 2024 dengan total produksi air baku sebesar 2.245 lt/dt. Pada tahun 2025 dan seterusnya, penyediaan air di Kabupaten PPU memerlukan pembangunan infrastruktur sumber daya air lain agar dapat memberikan pasokan air yang cukup di setiap tahunnya.


Full Text:

PDF

References


Al Almi, Mustafa (2020). Analisis Daya Dukung Permukiman di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur. Universitas Gadjah Mada, Hal. iv Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Penajam Paser Utara (2021). Kabupaten Penajam Paser Utara dalam Angka Tahun 2021, Penajam Paser Utara: BPS Kabupaten Penajam Paser Utara 2021.

Badan Standarisasi Nasional (BSN) (2015). SNI 6738:2015 Tentang Perhitungan Debit Andalan Sungai dengan Kurva Durasi Debit. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Direktorat Irigasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (1980). Pedoman dan Kriteria Perencanaan Teknik Irigasi. Direktorat Irigasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta.

Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (2000). Kriteria Penyediaan Air Bersih. Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.

Direktorat Jendral Pengairan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (1986). Buku Petunjuk Perencanaan Irigasi Bagian Penunjang untuk Standar Perencanaan Irigasi. Galang Persada. Bandung.

Hong, X (2016). Evaluating Water Supply Risk in the Middle and Lower Reaches of Hanjiang River Basin Based on an Integrated OptimalWater Resources Allocation Model. Hal. 8, 364.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2007). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 18/PRT/M/2007 Tentang Penyelenggaraan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta.

Mala Sari, Nur Syahkti (2019). Studi Perencanaan Jaringan Distribusi Air Bersih di Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur. Undergraduate (S1) Thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (2018). Peraturan Bupati (PERBUP) tentang Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2016-2035. Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Penajam Paser Utara.

Yanti, Rossana M.K., dan Dewanti, Ajeng. N. (2022). Proyeksi Kebutuhan Air Bersih Jangka Pendek Dan Menengah Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Vol. 13, No. 2, Hal. 115 – 116




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v7i2.20772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.