Evaluasi Efektivitas Pelayanan Aset Terintegrasi di Stasiun Padalarang

Adellia Putri Adisti, Moch. Yusup

Abstract


Stasiun Padalarang adalah kompleks stasiun KA yang terletak di Kertajaya, Padalarang, Bandung Barat pada ketinggian +695m. Stasiun Padalarang merupakan kompleks yang melayani dua jenis layanan kereta api yaitu, KAI Commuter Line dan Kereta Cepat Whoosh dari KCJB. Hasil observasi pendahuluan, terdapat indikasi permasalahan diantaranya, terdapat fasiltias yang tidak tersedia seperti ruang tunggu di stasiun kereta komuter dan juga stasiun kereta cepat yang memiliki lahan parkir terbatas. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja pelayanan aset Stasiun Padalarang terintegrasi berdasarkan perspektif kepuasan penumpang stasiun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil evaluasi diperoleh bahwa kinerja pelayanan aset Stasiun Padalarang belum sepenuhnya sesuai dengan SPM selain itu fasilitas yang sudah sesuai dengan SPM juga belum bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada penumpang stasiun. Rekomendasi pemecahan masalah untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah penambahan aset fasilitas aset stasiun.


Full Text:

PDF

References


Eka Oktavia, Tyas, and Parasian Naipospos. (2023). “Pemilihan Antara 2 Moda Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung Dari Stasiun Padalarang”. Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Sipil 7(2):241–49. doi: 10.32832/komposit.v7i2.14512.

Ikhlaq, S., Javid, M. A., & Qayyum, T. I. (2017). “Evaluation of user’s perceptions regarding performance indicators of intercity bus terminals in Lahore, Pakistan”. Transport Problems Journal. Vol. 12, No. 2. Hal. 123-136.

Intari, Dwi Esti, Irma Suryani, and Iswati Septya. (2017). “Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Bogor Di Kota Bogor, Jawa Barat”. Jurnal Fondasi 6(1). doi: 10.36055/jft.v6i1.2013.

Kotler, Phillip, & Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Liang, Ying, Wei Song, and Xiaofeng Dong (2021). “Evaluating the Space Use of Large Railway Hub Station Areas in Beijing toward Integrated Station-City Development.” Land 10(11). doi: 10.3390/land10111267.

Mulyono, S. (2010).”Analisis dan Desain Sistem Informasi Penjualan Tiket Kereta Api pada Stasiun Nganjuk - Jawa Timur”. STMIK Amikom Yogyakarta, 18. Yogyakarta.

Nissa, H., & Awan. (2022). “Pengaruh Fasilitas Kenyamanan terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak”. Ground Handling Dirgantara. Vol. 4, No. 1.

Perpres 55/18. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek Tahun 2018-2029

Permen 29/11. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2011 tentang Persyaratan Teknis Bangunan Stasiun Kereta Api.

Permen 33/11. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2011 tentang Jenis, Kelas, dan Kegiatan di Stasiun Kereta Api.

Permen 15/13. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penyediaan Fasilitas Khusus Menyusui dan/atau Memerah Air Susu Ibu

PerMen 16/17. Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit

PerMen 63/19. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

Putri, Shabika Amany, and Finta Lissimia (2016). “Kajian Konsep Arsitektur Perilaku pada Stasiun Kereta Api Antar Kota Studi Kasus Stasiun Bandung , Stasiun Gambir , Dan Stasiun Pasar Senen”. Jurnal Arsitektur PURWARUPA. Vol 16, No. 2, Hal. 47–54.

Tjiptono, Fandy (2014). Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset. Yogyakarta

Sugiyono (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA. Bandung.

Suprobo, Yok, and Ikaputra (2015). “Pengembangan Bangunan Stasiun Untuk Meningkatkan Pendapatan Non-Operasi Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Stasiun Bogor)”. Jurnal Penelitian Transportasi Darat. Vol 17, No. 3, Hal. 119–36.

Susanti, Anita, Ria Asih Aryani Soemitro, and Hitapriya Suprayitno. (2018). “Identifikasi Kebutuhan Fasilitas Bagi Penumpang Di Stasiun Kereta Api Berdasarkan Analisis Pergerakan Penumpang”. Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. Vol 2, No. 1. Hal. 23–34. doi: 10.12962/j26151847.v2i1.3765.

UU 23/07. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian

Wang, Yuning, Zhe Zhang, Mengyuan Zhu, and Hexian Wang. (2020). “The Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Reuse Intention in Urban Rail Transit in Tianjin, China”. SAGE Open. Vol. 10. No. 1. doi: 10.1177/2158244019898803.

Yaparathna, H., & Ratnajeewa, D. R. (2018). “Analysis of Factors Affecting Customer Satisfaction with Rail Transits and Intermodal Connectivity in Sri Lanka”. Sri Langka: R4TLI.

Yuan, Yalong, Min Yang, Tao Feng, Soora Rasouli, Xinpei Ruan, Xinyu Wang, and Yu Li. (2021). “Analyzing Heterogeneity in Passenger Satisfaction, Loyalty, and Complaints with Air-Rail Integrated Services.” Transportation Research Part D: Transport and Environment 97(2021). doi: 10.1016/j.trd.2021.102950.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v7i3.21674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.