Perbandingan dan Sintesis Karakteristik Perilaku Perjalanan Pengguna Bis Trans Mamminasata dan Bis Trans Koetaradja

Verdy Ananda Upa, Hitapriya Suprayitno, Muhammad Ryansyah

Abstract


Layanan BRT dan Semi BRT sedang banyak dikembangkan di wilayah perkotaan ibu kota Propinsi di Indonesia. Perencanaan operasional koridor baru harus disertai dengan perhitungan prakiraan jumlah penumpang. Perhitungan dilakukan dengan memakai teknik Pemodelan Transportasi. Untuk itu dibutuhkan data karakteristik perilaku perjalanan pengguna bis, untuk menentukan metoda pemodelan. Survei data karakteristik tersebut pernah dilakukan untuk Bis Trans Mamminasata dan Bis Trans Koetaradja. Kedua karakteristik tersebut ternyata cukup mirip satu dengan yang lain. Sedangkan, hasil sintesa kedua karakteristik tersebut bisa disampaikan sebagai berikut : maksud perjalanan didominasi oleh perjalanan bekerja dan kuliah, moda sebelum menggunakan Bis Trans didominasi oleh moda angkot mikrobis, perjalanan hubung ke halte didominasi oleh jarak 0 – 1,5 km dengan menggunakan moda jalan kaki dan sepeda motor, perjalanan hubung dari halte didominasi oleh jarak 0 – 1 km dengan menggunakan moda jalan kaki.


Full Text:

PDF

References


Bamberg, S., Fujii, S., Friman, M. & Garling, T. (2011). ”Travel Behaviour and Soft Transport Policy Measures”. Transport Policy 18, pp. 228 – 235.

Basuki, Imam (2017). “The Willingness to Walk of Urban Transportation Passengers ( A Case Study of Urban Transportation Passengers in Yogyakarta Indonesia)”. JTSS – Journal of Technology and Social Science, Vol. 1, No. 2, July 2017, pp : 19-26.

Buchari, Erika (2018).”Hierarchical Service for Integrating Multimodal Public Transport System in Palembang, Indonesia”. JTSS – Journal of Technology and Social Science, Vol. 2, No. 1, July 2017, pp : 19-26.

Curtis, Carrey & Perkins, Tim (2006). “Working Paper No. 3 : Travel Behaviour”. Urbanet. Department of Urban and Regional Planning. Curtin University.

Soimun, Ahmad (2018). “Analisis Probabilitas Perpindahan Moda Pengguna Kendaraan Pribadi (Sepeda Motor dan Mobil) ke Kereta Api Commuter Surabaya Sidoarjo”. Tesis Magister. Departemen Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya.

Suprayitno, Hitapriya (1999). “Metoda Pemodelan Kebutuhan Angkutan Barang Perkotaan – Kasus Kota Surabaya”. Prosiding Simposium FSTPT 2, Desember 1999. Surabaya.

Suprayitno, Hitapriya (2005). “Pengembangan Awal Metoda Perhitungan PADI 0.0 Model Sebaran Perjalanan Berbasis Data Arus Lalu Lintas”. Jurnal Teknobisnis, Vol. 1, No. 2, Tahun 2006, hal. 167-174.

Suprayitno, H., Irlambang, D., Pramono, Y.A. & Wibowo, A.G. (2006). “Karakteristik Penumpang dan Perjalananan pada KA Penumpang Ekonomi di Wilayah Gerbangkertosusila”. Jurnal Teknobisnis, Vol. 2, No. 1, Tahun 2006, hal : 41-48.

Suprayitno, Hitapriya (2015). “Penyusunan Metoda Perhitungan Model Distribusi Perjalanan Berbasis Data Volume Lalu Lintas pada Kasus Pembebanan All-or-Nothing”. ATPW 2015, Seminar Nasional Aplikasi Teknik Prasarana Wilayah 2015. Surabaya.

Suprayitno, Hitapriya & Upa, Verdy Ananda (2017). “Mamminasata BRT User Trip Characteristics for the Design of Demand Modelling Method for a New BRT Line”. IPTEK, The Journal for Technology and Science, Vol. 27, Issue. 3, December 2016, pp : 47-52.

Suprayitno, Hitapriya & Upa, Verdy Ananda (2017). “Special Conventional Transport Model for a New BRT Line Passenger Demand Prediction”. JTSS – Journal of Technology and Social Science, Vol. 1, Issue 3, 2017, pp : 10-18.

Suprayitno, H. & Ryansyah, M. (2018). “Karakteristik Pelaku dan Perilaku Perjalanan Penumpang Bis Trans Koetaradja, Koridor 1 : Keudah – Darulsalam”. Diaju-serahkan pada Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, Mei 2018.

Suprayitno, H & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No. 1, Maret 2018.

Susanti, A., Soemitro, R.A.A. & Suprayitno, H. (2018). “Identifikasi Awal Wilayah Pengaruh KA Komuter Ditinjau dari Penggunaan Mobil di Kota Surabaya”. Bangunan, Vol. 23, No. 1, Tahun 2018.

Susanti, A., Soemitro, R.A.A. & Suprayitno, H. (2017). “Wilayah Pengaruh Kereta Api Komuter terhadap Pengguna Sepeda Motor di Kota Surabaya”. Jurnal Transportasi, Vol. 17, No. 3, Tahun 2017.

Susanti, A., Soemitro, R.A.A. & Suprayitno, H. (2017a). “Wilayah Pengaruh KA Komuter ditinjau terhadap Jalan Kaki”. Dikumpulkan bagi Seminar FSTPT Tengah Tahun 2017 di Semarang.

Susanti, A., Soemitro, R.A.A. & Suprayitno, H. (2017b). “Identifikasi Awal Wilayah Pengaruh KA Komuter dengan menggunakan Angkutan Umum Pengumpan”. Rekayasa Sipil, Vol. 11, No. 3, Tahun 2017.

Tamin, O.Z. (2008). Perencanaan, Pemodelan & Rekayasa Transportasi : Teori, Contoh Soal & Aplikasi. Penerbit ITB. Bandung.

Upa, Verdy Ananda & Suprayitno, H. (2016). “Analisis Hubungan Antara Jumlah Naik dan Turun Penumpang dengan Tata Guna Lahan (Studi Kasus : Koridor 2 Trans Mamminasata)”. Jurnal Ilmiah Gema Aktualita, Vol. 5 No. 2, Desember 2016. Universitas Pelita Harapan. Surabaya.

Upa, Verdy Ananda (2017). “Perhitungan Jumlah Permintaan Potensial Bus Rapid Transit (BRT) Mamminasata Koridor 1 dengan menggunakan Special Conventional Transport Model”. Tesis Magister. Jurusan Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya.

Upa, Verdy Ananda & Setyadi, Rahmat (2018). “Analisis Perpindahan Pengguna Moda Angkutan Umum (Lyn JSP) ke Moda Komuter Supor (Surabaya-Porong) dengan Menggunakan Metode Logit Biner Selisih Waktu dan Biaya”. Jurnal Ilmiah Gema Aktualita, Vol. 7 No. 1, Juni 2018, pp : 10-15. Universitas Pelita Harapan. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v2i2.4341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.