Permodelan Bangkitan Dan Tarikan Perjalanan Moda Sepeda Motor Di Wilayah Perkotaan Gresik Tahun 2018

Jimi Amijaya, Hitapriya Suprayitno

Abstract


Kota Gresik sebagai ibu kota Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur dikenal sebagai kota industri, pertumbuhan dan perkembangannya cukup meningkat setiap tahun. Terdapat banyak pergerakan arus lalu lintas khususnya jam puncak pagi menggunakan moda sepeda motor, hal tersebut dikarenakan jam berangkat kerja bersamaan dengan berangkat sekolah dan mengakibatkan permasalahan transportasi semakin kompleks. Oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai pemodelan bangkitan dan tarikan perjalanan moda sepeda motor yang terjadi di wilayah perkotaan Gresik. Metoda yang dipakai adalah pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari survei wawancara rumah tangga (household interview) untuk mendapatkan data asal tujuan perjalanan sebanyak 700 sampel. Sedangkan data sekunder berupa data populasi dan kuat tarik zona dari Gresik Dalam Angka 2016. Penelitian ini menghasilkan jumlah bangkitan dan tarikan sepeda motor. Bangkitan perjalanan didapatkan dari perhitungan analisa regresi linier zona untuk mendapatkan rumus yang akan menghasilkan jumlah bangkitan perjalanan. Hasil bangkitan perjalanan terbanyak sejumlah 15.906 motor/jam di zona 16. Tarikan perjalanan didapatkan dari perhitungan proporsi kuat tarik dikalikan dengan bangkitan perjalanan. Hasil dari tarikan perjalanan terbanyak sejumlah 22.095 motor/jam di zona 17.


Full Text:

PDF

References


Praditya, N.D.A. (2016). Pemodelan Transportasi Moda Sepeda Motor Kota Samarinda Untuk Tahun 2016. Tesis Magister Manajemen Rekayasa Transportasi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Suprayitno, H. & Praditya, N.D.A. (2018). “Model Bangkitan Perjalanan Kota Samarinda Berbasis Zona Kecamatan”. Jurnal GEMA AKTUALITA. Vol. 7, No. 1:23-28.

Suprayitno, H. & Ratnasari, V. (2017). “Reflexion on Linear Regression Trip Production Modelling Method for Ensuring Good Model Quality”. AIP Conference Proceedings 1903 (1), 060013, 2017.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. Vol. 2, Hal. : 1-9.

Tamin, O.Z. (2008). Perencanaan Pemodelan dan Rekayasa Transportasi – Teori Contoh Soal dan Aplikasi. Institut Teknologi Bandung. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v2i0.4819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.