Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepemimpinan Sebagai Variabel Intervening pada Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo

Nhuke Selvia Christanti, Andre Dwijanto Witjaksono

Abstract


Pelayanan terhadap pelanggan merupakan bagian dari Fasilitas Obyek Non Fisik. Fasilitas tersebut merupakan salah satu komponen penting yang  harus dikelola dengan baik, efisien, efektif, dan ekonomis sesuai dengan prinsip-prinsip Manajemen Aset Fasilitas. Konsep dasar manajemen aset fasilitas dapat ditinjau dari berbagai macam aspek, yaitu: aspek keuangan, aspek lingkungan, dan aspek ekonomi fasilitas. Salah satu bentuk pelayanan tersebut adalah penerapan Total Quality Management di PT. Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo yang merupakan anak perusahaan dari PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh TQM terhadap kinerja karyawan melalui kepemimpinan sebagai variabel intervening pada Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo. Populasi pada penelitian ini sebanyak 127 karyawan, sampel yang digunakan sebanyak 96 karyawan, serta kuesioner yang kembali dan dapat diolah sebanyak 86 kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS dengan bantuan perangkat lunak cerdas PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa total quality management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan total quality management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepemimpinan. Sehingga kepemimpinan merupakan variabel yang mampu memediasi hubungan antara TQM terhadap kinerja karyawan pada PT. Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo.


Full Text:

PDF

References


Alhudri, S., & Heriyanto, M. (2015). "Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Ranting Bangkinang". JOM FISIP, 2 (2), 1–14.

Daryanto & Abdullah (2013). Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi. (U. K. Athelia, Ed.). PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS). Edisi 4. Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.

Laili, M. D. N. (2016). "Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Harlis Tata Tahta di Bontang". eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 4 (4), 1140–1150.

Muizu, W. O. Z. (2014). "Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan". Pekbis Jurnal, 6 (1), 1–13.

Munparidi. (2012). "Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang". Jurnal Orasi Bisnis, 7 (1), 47–54.

Noor, R. H., & Achmadi, F. (2016). "Pengaruh Total Quality Management (Tqm) Terhadap Kecelakaan Kerja Nol (Zero Accident) Melalui Kepemimpinan Dan Perilaku Produktif Karyawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt Varia Usaha Beton Jawa Timur)". Prosiding Seminar Nasional Manajemen Tekhnologi XXV, 1–8.

Pratama, A. A. N., & Maghfiroh, F. N. (2016). "Pengaruh T otal Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Karyawan di BMT Taruna Sejahtera Ungaran , Jawa Tengah". Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7 (1), 93–117.

Purba, M. S., & Hutami, R. F. (2015). "Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Kepemimpinan dan Budaya Kualitas Sebagai Variabel Intervening". Journal of Science & Humanities University of Langlangbuana, 7 (1), 43–63.

Roeleejanto, C., Brasit, N., Payangan, O. R., & Pahlevi, C. (2015). "Effects of Leadership , Competency , and Work Discipline on the Application of Total Quality Management and Employees ’ Performance for the Accreditation Status Achievement of Government Hospitals in Jakarta , Indonesia". Scientific Research Journal, 3 (11), 14–24.

Soemitro, R.A.A. & Suprayitno, H. (2018). “Pemikiran Awal tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur, Vol. 2, Suplemen.1, Juni, halaman 1-14.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). "Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management". Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No. 1, Maret 2018, Hal. : 1-10.

Susanto, B. (2016). "Total Quality Management, Performance Measurement System, Rewards And Organizational Commitment To Performance Of Employees". Jurnal Bisnis & Ekonomi, 14(1), 76–83.

Zahari, M. K., & Zakuan, N. (2016). "The Effects Of Total Quality Management On The Employee Performance in Malaysian Manufacturing Industry". International Journal of Management and Applied Science, 2(12), 158–163.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v3i2.6007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.