Analisis Kinerja Aset Destinasi Wisata Waduk, Studi Kasus: Waduk Cijere, Kabupaten Bandung Barat

Hennidah Karnawati, Putri Dewi Purnama, Tiara Ulul Azmi

Abstract


Waduk Cijere merupakan salah satu luapan dari Waduk Saguling dengan luas 19,13 hektar yang berlokasi di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Waduk Cijere dipenuhi sampah, bebatuan, dan semak belukar yang mengakibatkan waduk tidak berfungsi dengan baik. Saat ini, Waduk Cijere hanya dimanfaatkan untuk kolam jaring apung. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis lebih mendetail mengenai Kinerja Aset Destinasi Wisata Waduk Cijere, dilihat dari 4 kinerja yaitu kinerja fisik, fungsional, ulitias, dan keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksploratori (kualitatif dan kuantitatif). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini meliputi tidak adanya pemeliharaan pada Waduk Cijere mengakibatkan kondisi fisik buruk, Waduk Cijere tidak berfungsi sebagaimana mestinya, pemanfaatan Waduk Cijere belum optimal, terjadi penurunan pendapatan 10% hingga 40% dalam satu tahun, serta tidak adanya pendapatan yang masuk ke daerah karena belum adanya Izin Usaha Perikanan untuk Kolam Jaring Apung.

Full Text:

PDF

References


Bria, M., Sutirto, & Anastasia H. Muda. (2017). Penilaian Kinerja Embung Haliwen Berdasarkan Kriteria Pemeliharaan Embung Irigasi. Politeknologi: Kupang.

Campbell, J. a. F. (2011). Asset Management Excellence Optimizing Equipment Life-Cycle Decisoins. CRC Press.

Hair, J. F. (2006). Multivariate Data Analysis. Edisi ke 5. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Hariyono, A. (2007). Prinsip & Teknik Manajemen Kekayaan Negara. Departemen Keuangan Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Hastings, N.A.J. (2010). Physical Asset Management. Springer. London.

PerMen PUPR 27/15. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 27/PRT/M/2015 tentang Bendungan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia: Jakarta.

Notohadiprawiro, T., S. Sukadarmodjo, & M. Dradjad. (2006). Beberapa Fakta dan Angka Tentang Lingkungan Fisik Waduk Wonogiri dan Kepentingannya sebagai Dasar Pengolahan. Ilmu Tanah: Repro.

Sekaran, U. (2011). Metode Penelitian untuk Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Siregar, D. (2004). Manajemen Aset. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiama, A. G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Guardaya Intimarta. Bandung.

Sugiama, A. G. B. (2013). Manajemen Aset Pariwisata. Guardaya Intimatra. Bandung.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). Pemikiran Awal tentang Prinsip Dasar Manajemen Aset Infrastruktur. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No. 1, Maret 2018.

Wirawan. (2012). Evaluasi; Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v4i4.7903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.