Analisis Kinerja Simpang Monumen Trunojoyo di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang

Akhmad Yusuf Z, Triaswati MN, Aan Fauzi, Lukman Yusuf

Abstract


Lokasi stategis Kabupaten Sampang yang berada pada jalur lintas pergerakan dari arah Timur-Barat Pulau Madura. Penduduk Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep yang menuju ke arah Surabaya atau sebaliknya, harus melintasi wilayah kabupaten Sampang. Kemacetan yang terjadi di Kecamatan Sampang bersifat lokal dan terjadi di beberapa simpang ketika jam sibuk. Simpang Monumen Trunojoyo termasuk Simpang yang menimbulkan kemacetan. Kemacetan di Simpang Monumen Trunojoyo di sebabkan oleh Simpang ini berada pada Jalur Jalan Nasional Surabaya-Sumenep yang di lewati kendaraat berat dan padat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kinerja Simpang Monumen Trunojoyo di Kecamatan Sampang. Hasil penelitiannya yaitu kinerja Simpang Monumen Trunojoto pada seluruh pendekat memiliki tingkat pelayanan di bawah standard yaitu ≤ 0.75. Simulasi solver dilakukan untuk meningkatkan kinerja simpang dengan merubah siklus pada persinyalan, terutama memodifikasi waktu hijau (detik) serta memodifikasi lebar efektif setiap pendekat. Didapatkan hasil optimasi nilai DS berkisar antara 0.66 hingga 0.7 < 0.75.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. A., & Muta’ali, L. (2013). “Pola Hubungan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Manusia di Provinsi Jawa Timur Tahun 2007-2011”. Jurnal Bumi Indonesia, Vol. 2, No. 3, Agustus 2013, Hal. : 233-242.

Halim, H., Mustari, I. & Zakariah, A. (2019). “Analisis Kinerja Ruas Jalan Satu Arah dengan Menggunakan Mikrosimulasi VISSIM (Studi Kasus: Jalan Masjid Raya di Kota Makassar)”. Jurnal Manajemen Aset Infrastrukutr & Fasilitas, Vol. 3, No. 2, September 2019. Hal. : 99-108.

Huda, M. (2016). “Pemodelan Trip Attraction Kendaraan Pribadi pada Rumah Makan (Studi Kasus: Jl. Mulyosari Surabaya)”. Jurnal Agregat, Vol. 1, No. 1, November 2016. Hal. : 33-38.

MKJI (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Bina Karya & Sweeroad. Direktorat Bina Jalan Kota. Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

Rosadi, S., Abidin, Z., & Huda, M. (2018). “Analisis Kinerja Lalu Lintas Akibat Pembangunan Pelabuhan Taddan di Kabupaten Sampang”. Jurnal Agregat, Vol. 3, No. 2. November 2018. Hal. : 243-251.

Satrio, G., Arifin, M. Z., & Wicaksono A. (2014). “Kajian Potensi Penumpang Kereta Api Lintas Madura (Bangkalan–Sumenep Pp) Dengan Menggunakan Metode Stated Preference”. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Vol. 1, No. 2, 2014,

Soesilowati, E. (2008). Dampak Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang Terhadap Kemacetan Lalulintas Di Wilayah Pinggiran dan Kebijakan Yang Ditempuhnya. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, Vol. 1, No. 1. September 2008, Hal. : 9-18.

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No.1, Maret 2018.

Wibisono, R.E. & Cahyono, M.S.D. (2018). “Kinerja Lalu Lintas Simpang di Kalen-Majenang Akibat Pembangunan Saluran Irigasi Waduk Kalen di Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No. 2, September 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26151847.v4i4.7904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung :

Statistik Afiliasi Penulis

View My Stats

 

Flag Counter

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas by Departemen Teknik Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.