Evaluasi Kebijakan, Tindakan, dan Antisipasi Dampak dari Kenaikan Muka Air Laut dan Bencana di Kawasan Wisata Pantai Losari, Kota Makassar sebagai Kota Pesisir

Siti Tenricapa, Lita Sari Barus

Abstract


Sebagai negara kepulauan, beberapa kota di Indonesia memiliki sejarah perkembangan kota yang berasal dari wilayah pesisir. Sebagai salah satu kota pesisir, Kota Makassar memiliki perkembangan yang pesat baik dalam aspek sosial, ekonomi, dan budaya. Kawasan Pantai Losari yang berada di Kota Makassar memiliki kawasan terintegrasi dalam berbagai bidang ekonomi, sosial, dan budaya serta pariwisata. Kota Makassar termasuk dalam Kawasan Perkotaan Mamminasata. Perubahan lingkungan dan bencana laut memiliki dampak yang luar biasa, sehingga perlu dilakukan perawatan potensi laut di masa depan dan layanan ekosistem yang menumbuhkan kebutuhan di pesisir. Sumber daya manusia, IPTEK dan infrastruktur sebagai salah satu aspek penting dalam pengembangan dan pembangunan wilayah yang berbasis kemaritiman dan kebencanaan. Kawasan Pantai Losari memiliki isu permasalahan yakni meningkatnya permukaan air laut yang disebabkan adanya perubahan iklim dan perencanaan mitigasi bencana pada kawasan pesisir pantai losari masih harus ditingkatkan di masa yang akan datang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan, tindakan, dan antisipasi dampak dari kenaikan muka air laut dan bencana yang terjadi seperti banjir dan tsunami di Kawasan Pantai Losari di masa yang akan datang. Metode yang digunakan adalah kajian studi literatur dan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis overlay data spasial. Hasil dari penelitian ini adalah kebijakan perencanaan tata ruang khususnya di dalam Kawasan Pantai Losari harus lebih mempertimbangkan kawasan rawan bencana, tindakan untuk mengantisipasi terjadinya dampak yang akan terjadi akibat naiknya muka air laut dan bencana diantaranya meninggikan dataran, bangunan berupa tipe rumah 7 dan tipe gedung bertingkat tipe 2, membuat jalur evakuasi dan titik lokasi evakuasi berupa horizontal dan vertikal, serta melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang mitigasi bencana.


Keywords


Kebencanaan; Penataan Ruang; Kota Pesisir.

Full Text:

PDF

References


Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. (2018). Menko Maritim Luncurkan Data Rujukan Wilayah Kelautan Indonesia. Tersedia pada: https://maritim.go.id/menko-maritim-luncurkan-data-rujukan-wilayah-kelautan-indonesia.

Hidayat, A. (2015). Analisis Pengembangan Kawasan Pesisir Berbasis Mitigasi Sea Level Rise (Kenaikan Muka Air Laut) Studi Kasus Kawasan Kota Lama Makassar. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 1(1), 87–100.

Alamsyah, Abimanyu Takdir. (2020). Bahan Kuliah Problematika Perkotaan di Kepulauan Tropis 3: Paradigma Baru Tanah Air Negara Archipelago. Jakarta: Kajian Pengembangan Perkotaan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2015). Kajian Risiko Bencana Kota Makassar Sulawesi Selatan 2016 – 2020. Jakarta: BNPB

Supriatna. (2018). Sistem Informasi Geografis: Analisis dan Aplikasi. Depertemen Geografi FMIPA UI. https://ppgt.ui.ac.id/2018/09/20/e-books-sig-analisis-dan-aplikasi-edisi-2-oleh-dr-supriatna/

Prahasta, Eddy. (2002). Sistem Informasi Geografis Konsep-konsep Dasar. Bandung: Informatika.

Triatmodjo, Bambang. (1999). Teknik Pantai. Yogyakarta: Beta Offset

Alamsyah, Abimanyu Takdir. (2020). Bahan Kuliah Problematika Perkotaan di Kepulauan Tropis 7: Perubahan Lingkungan dan Kebencanaan. Jakarta: Kajian Pengembangan Perkotaan.

Badan Pusat Statistik. (2020). Kota Makassar Dalam Angka 2020, Penyediaan Data Untuk Perencanaan Pembangunan. Jakarta: BPS.

Baeda, A. Y., Klara Syrely, Hendra, & Muliyati, R. (2016). Mitigasi Bencana Tsunami di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan. Jurnal JPE, 20(1), 21–28.

Abimanyu Takdir Alamsyah, “Bahan Kuliah Problematika Perkotaan di Kepulauan Tropis 2: Perencanaan Perkotaan, ” Jakarta, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v17i1.11214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.