Kajian Preferensi Pengguna Park And Ride Terminal Intermoda Joyoboyo Pada Tatanan Normal Baru

Kemal Arya Widigda, Ketut Dewi Martha Erli Handayeni

Abstract


Park and Ride merupakan sistem parkir yang menggunakan fasilitas ruang parkir dengan memarkirkan kendaraan pribadi, setelah itu beralih ke moda transportasi umum. Tujuan Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo diperuntukkan memudahkan masyarakat untuk beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum, sehingga penggunaan transportasi pribadi dan kemacetan bisa dikurangi. Pada awal pembukaan Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo di bulan Desember tahun 2019 mecapai penggunaan sebesar 1416 kendaraan roda 4 dan 727 kendaraan roda 2. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, analisis Conjoint dan Crosstab. Berdasarkan hasil analisis Conjoint menunjukkan bahwa preferensi yang diharapkan pengguna Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo adalah biaya progresif, kemudahan ditingkatkan, kenyamanan ditingkatkan, keamanan ditingkatkan, menerapkan seluruh protokol kesehatan, mengurangi daya tampung moda transportasi dan pembayaran tunai. Adapun tingkat kepentingan atribut menurut preferensi pengguna secara berurutan adalah Biaya (42.878%), Kenyamanan (18.171%), Sistem Pembayaran (10.168%), Kemudahan (10.139%), Protokol kesehatan (7.473%), Keamanan (5.678%) dan Daya Tampung (5.493%). Kombinasi pilihan atribut Park and Ride Terminal Intermoda Joyoboyo memiliki keterkaitan signifikan dengan karakteristik sosio-ekonomi pengguna serta pola perjalanannya.

Keywords


Park and Ride, Covid-19; Tatanan Normal Baru; Conjoint; Crosstab

Full Text:

PDF

References


Tamin, Ofyar Z. (2000) Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB,Bandung

Chapin, F.S and J. Kaiser. (1979) Urban Land Use Planning. Chicago : University of Chicago Press.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. (2020) Kota Surabaya Dalam Angka 2020. Kota Surabaya

Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur. (2018) Data Kendaraan Umum Kota Surabaya. Provinsi Jawa Timur

O’Flaherty, C.A. (1997), Transport Planning And Traffic Enginering, Arnold, London.

Buchari, Erika. (2015) Transportation demand management: a park and ride system to reduce congestion in Palembang city Indonesia. Procedia Engineering (125) : 512 – 518

Kimpton, Anthony. (2019) Parking Behavior: Park ‘n’ Ride (PnR) to encourage multimodalism in Brisbane. Land Use Policy.(91) : 1-16

Dinas Perhubungan Kota Surabaya. (2021) Data Park and Ride Kota Surabaya. Kota Surabaya

WHO. (2020) Advice for the public https://www.who.int/. Diakses pada 26 Oktober 2020 Pukul 12.00 WIB

Morgan, Cassie. (2020) COVID-19! Bagaimana saya bisa melindungi diri sendiri dan orang lain?, Indonesia : Lembaga Smithsonian.

Satgas Covid Indonesia. (2020) https://covid19.go.id/p/protokol. Diakses pada 27 Oktober 2020 Pukul 21.00 WIB

Satgas Covid Kota Surabaya. (2020) https://lawancovid-19.surabaya.go.id/. Diakses pada 27 Oktober 2020 Pukul 23.00 WIB

Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, AFABETA, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v17i2.11567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.