Arahan Pengembangan Industri Pengolahan Ikan Teri di Pulau Pasaran Kota Bandar Lampung

Mia Ermawati, Gemilau Marsikha

Abstract


Sistem produksi yang dikenal sebagai industrialisasi perikanan bertujuan untuk meningkatkan potensi stok ikan secara berkelanjutan. Industrialisasi pengolahan ikan, yang bertujuan untuk meningkatkan nilai jual produk ikan. Sebagai pusat pengolahan ikan terbesar di Kota Bandar Lampung, Pulau Pasaran memiliki potensi besar untuk memengaruhi ekonomi negara dan masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu, dengan menganalisis ekonomi lokal, tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tren pertumbuhan industri pengolahan ikan Pulau Pasaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode campuran yang mencakup model eksplanatori sekuensial, dan data dianalisis dengan statistik deskriptif, analisis signifikansi, dan analisis deskriptif. Pada saat ini, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi lokal seperti tenaga kerja yang berpengalaman dalam pengolahan ikan teri, sumber daya alam yang cukup, modal usaha biasanya berasal dari modal simpanan atau pinjaman pribadi dari bank dan belum menerapkan pengelolaan keuangan akuntansi, teknologi yang digunakan adalah semi- mekanis, dan sarana transportasi meninggalkan pulau adalah perahu dengan jalan dan jembatan karena kondisinya yang memprihatinkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa variabel prioritas dapat digunakan sebagai arah pengembangan. Beberapa faktor termasuk kondisi jalan, kolaborasi atau dukungan pemerintah, jarak bahan baku dengan industri, fasilitas penyimpanan sampah, dan kooperasi. Lima pedoman diberikan untuk mencapai kelima tujuan tersebut: (1) meningkatkan kualitas jalan dan jembatan Pulau Pasaran melalui pelebaran jalan, penambahan lampu jalan dan pagar pembatas, dan perbaikan jalan dan jembatan menuju Pulau Pasaran; (2) menghidupkan kembali koperasi; (3) meningkatkan fasilitas dan sistem pengelolaan sampah; dan (4) membangun hubungan bilateral.


Keywords


Industri Pengolahan Ikan Teri, Ekonomi Lokal Pulau Pasaran

Full Text:

PDF

References


Dahuri, R. 2000. Pemberdayaan Sumber daya Kelautan Untuk Ksejahteraan Rakyat. LISPI-Ditjen. Pesiisr Pantai dan Pulau Pulau Kecil. Dep Kelautan dan Perikanan. Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Badan Perrencanaan Pembangunan Nasional (2016). Kajian Strategi Industrialisasi Perikanan Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi Wilayah. Jakarta : Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesi Nomor Per. 27/Men/2012 Tentang Pedoman Umum Industrialisasi Kelautan dan Perikanan

Susanti, S. 2017. Strategi Pengolahan dan Pengembangan Kawasan Sentra Pengolahan Ikan Teri Kering di Pulau Pasaran Kota Bandar Lampung. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Buku Profil Pulau Pasaran Kota Bandar Lampung. 2018

Pemerintah Provinsi Lampung. (2014). Peraturan Daerah Provinsi Lampung No 1 Tahun 2018 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Provinsi Lampung Tahun 2018-2038. 1–10.

Mahi, A. K. 2016. Pengembangan Wilayah : Teori & Aplikasi (1st ed). Jakarta : Kencana

Oktaviani, D., & Sardjito. 2012. Pengembangan Industri Berbasis Perikanan dengan Pendekatan Pengembangan Ekonomi Lokal di Kabupaten Tuban. Jurnal Teknik POMITS, 1 No. 1(1), 1–5.

Boulle, Jacqui (Ed). 2004. Praktek terbaik penerapan pendekatan KPEL (Buku I : Daerah Pilot) Kemitraan bagi pengembangan ekonomi Lokal. Jakarta : Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  United Nations Development Programme  United Nations Human Settlements Programme

Oktaviani, D., & Sardjito. 2012. Pengembangan Industri Berbasis Perikanan dengan Pendekatan Pengembangan Ekonomi Lokal di Kabupaten Tuban. Jurnal Teknik POMITS, 1 No. 1(1), 1–5.

Sarinah. 1999. Kajian Pengembangan Industri Pengelolaan Hasil Perikanan Laut di Sulawesi Tenggara. Institut Pertani Bogor.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sahpitri, R. H. (2021). Strategi Pengembangan Kawasan Minapolitan Di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Agribisnis.

Fajri. 2019. Penerapan Metode IPA (Importance Performance Analysis) untuk Menganalisis Kepentingan dan Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Bus Trans Koetaradja (Studi Kasus : Koridor I Keudah – Darussalam)




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v18i2.12851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.