Evaluasi Kinerja Implementasi Program CHSE di Destinasi Wisata Kota Surabaya Indonesia

Hertiari Idajati

Abstract


Penerapan program CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) merupakan salah satu upaya untuk memberikan garansi kepada pengunjung destinasi wisata bahwa destinasi wisata dan sarana prasarana pelayanannya sudah aman karena telah menerapkan protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan sehingga aman untuk dikunjungi. Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan perilaku wisatawan yang mengindahkan aturan dalam penerapan program CHSE. Oleh karena itu mengidentifikasi faktor-faktor penting yang mempengaruhi aspek manajemen/tata kelola dalam rangka peningkatan kinerja implementasi CHSE di Surabaya dimana wisatawan menilai prioritas dan urgent dilaksanakan tetapi realitanya tidak sesuai harapan menjadi tujuan penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner tertutup terhadap wisatawan yang pernah berkunjung di Surabaya sebagai destinasi pada masa pandemi. Metoda analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Gap Analysis. Gap Analysis dimaksudkan untuk mengetahui kesenjangan (gap) antara kepuasan wisatawan saat melakukan wisata di Surabaya dengan harapan konsumen/wisatawan terhadap variabel tersebut. Gap Analysis juga merupakan bagian dari metode IPA (Importance-Peformance Analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat 4 faktor yang perlu diprioritaskan yaitu (1) Pengelola melaksanakan pengecekan bukti/sertifikat vaksin; (2) Pengelola memfasilitasi media informasi mengenai himbauan tertulis tata tertib atau etika yang perlu diterapkan selama berwisata misalnya tidak berkerumun, etika bersin, dll; (3) Pengelola menyediakan fasilitas/sarana informasi penggunaan aplikasi peduli lindungi atau lainnya yang relevan; dan (4) Pengelola memfaslitasi layanan pendaftaran secara online via internet atau media daring lainnya, serta pemungutan biaya tiket masuk dilakukan secara non-tunai untuk meminimalisir  kerumunan dan kontak fisik.

Keywords


integrasi, chse, destinasi wisata, strategi implementasi

Full Text:

PDF

References


J. S. B. Era and J. Del Rosario, “Examining Tourism Resilience Practices as Basis for a Post-Covid 19 Recovery in the Philippines,” ASEAN J. Hosp. Tour., vol. 18, no. 1, pp. 1–12, 2020.

M. Sigala, “Tourism and COVID-19: Impacts and implications for advancing and resetting industry and research,” J. Bus. Res., vol. 117, pp. 312–321, Sep. 2020.

S. Alvarez, F. Bahja, and A. Fyall, “A framework to identify destination vulnerability to hazards,” Tour. Manag., vol. 90, no. October 2021, p. 104469, 2022.

Badan Pusat Statistik (2021). Statistik Indonesia https://bps.go.id

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, 2020

I. G. Ketut, I. Pranata, D. Ni, and M. Rai, “Pemulihan Fungsi Alam Pariwisata Ditengah Pandemi Covid-19 Covid-19,” Khasanah Ilmu J. Pariwisata Dan Budaya, vol. 11, no. 2, pp. 101–108, 2020.

D. T. Anggarini, “Upaya Pemulihan Industri Pariwisata Dalam Situasi Pandemi Covid -19,” J. Pariwisata, vol. 8, no. 1, pp. 22–31, 2021.

Badan Standarisasi Nasional (2021). SNI 9042-2021: Kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan di tempat penyelenggaraan dan pendukung kegiatan pariwisata. www.bsn.go.id

Badan Pusat Statistik (2022). Statistik Indonesia https://bps.go.id

A. H. Hakim, “Kajian Perilaku Wisatawan Dan Pkl Di Lapangan Merdeka Bengkulu Pada Fase Normal Baru,” J. Pengemb. Kota, vol. 8, no. 2, pp. 188–199, 2020.

Y. E. Nugraha, “Dampak Pandemi Covid 19 Pada Unit Usaha Pariwisata di Kawasan pesisir Kota Kupang,” J. Ind. Pariwisata, vol. 3, no. 2, pp. 134–149, 2021.

L. R. Aprilia, S. Marini, and A. I. Yahya, “Implementasi Protokol Kesehatan CHSE dalam Meningkatkan Kepercayaan Tamu di Hotel,” J. Kepariwisataan Destin. Hosp. dan Perjalanan, vol. 5, no. 2, pp. 1–7, 2021.

D. Mutiarin, S. Utami, and J. Damanik, “New Normal Policy: Promosi Kebijakan Pariwisata Dalam Rangka Percepatan Penanganan Dampak Covid-19,” J. Kepariwisataan Destin. Hosp. dan Perjalanan, vol. 5, no. 1, pp. 20–33, 2021.

Zeithami, V.A., Parasuraman, A. and Berry, L.L., (1990), Delivering Quality Service, New York.

I. K. W. Lai and M. Hitchcock, “Importance-performance analysis in tourism: A framework for researchers,” Tour. Manag., vol. 48, pp. 242–267, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v17i2.13423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.