Potensi Pengembangan Fasilitas Parkir dan Menumpang (Park and Ride) untuk Mendukung Pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) di Kawasan Perkotaan Purwokerto

Khistiara Ningsih, I Gusti Ayu Andani

Abstract


Dominasi penggunaan kendaraan pribadi dapat menimbulkan kemacetan dan penurunan kinerja jalan, sehingga diperlukan dorongan dalam penggunaan transportasi publik. Persoalan tersebut terjadi pada kota-kota di Indonesia, termasuk di kawasan perkotaan Purwokerto. Kehadiran BRT sebagai moda transportasi publik modern berpotensi menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, pengoperasian BRT di Purwokerto masih dihadapkan pada beberapa hambatan, termasuk jangkauan pelayanannya yang rendah. Park and ride yang mengintegrasikan penggunaan transportasi umum dengan kendaraan pribadi dapat menjadi alternatif strategi manajemen transportasi yang dinilai mampu menarik masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pengembangan fasilitas park and ride untuk mendukung pelayanan BRT di kawasan perkotaan Purwokerto. Berdasarkan hasil observasi dan analisis skoring terhadap kinerja alternatif lokasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, diperoleh tiga lokasi yang dinilai paling sesuai untuk pengembangan fasilitas park and ride di Purwokerto, yaitu: (1) Terminal Ajibarang; (2) Kedungrandu, Patikraja; dan (3) Terminal Purbalingga. Kemudian, berdasarkan hasil survei kuesioner yang dianalisis menggunakan regresi logistik multinomial, didapatkan faktor-faktor yang memengaruhi preferensi responden serta peluang pemilihan beberapa moda transportasi, termasuk park and ride dan BRT. Hasil akhir menunjukkan nilai probabilitas pemilihan moda Park and Ride Terminal Ajibarang dengan BRT adalah 12,4%, moda Park and Ride Kedungrandu, Patikraja dengan BRT 2,9%, moda Park and Ride Terminal Purbalingga dengan BRT 4,8%, moda BRT (tanpa Park and Ride) 33,1%, sepeda motor pribadi 44,6%, dan mobil pribadi atau kendaraan lainnya (angkot, ojek, dll.) sebesar 2,2%.

Keywords


BRT, Park and Ride, Pemilihan Moda, Purwokerto, Regresi Logistik Multinomial

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Banyumas. (2020). Kabupaten Banyumas Dalam Angka 2020.

jateng.bps.go.id. (2021). Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kendaraan di Provinsi Jawa Tengah (Unit), 2019-2021. jateng.bps.go.id. https://jateng.bps.go.id/indicator/17/1006/1/jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-kendaraan-di-provinsi-jawa-tengah.html

Wijaya, S. S., Setyoko, P. I., & Rosyadi, S. (2018). Kebijakan pengelolaan transportasi publik di Purwokerto. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 16(1), 17–26. http://ejournal.bappeda.jatengprov.go.id/index.php/jurnaljateng/article/view/7

Yustiafi, A. (2021). Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Sebelum dan Sesudah Penerapan Sistem Satu Arah di Kota Purwokerto (Studi Kasus Jalan Jenderal Gatot Soebroto) [Undergraduate thesis]. Universitas Jenderal Soedirman.

Muflih, F. (2016). Kajian pengaruh parkir badan jalan terhadap kinerja ruas jalan (studi kasus di Jalan Komisaris Bambang Suprapto I) [Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto]. Dalam Revista Brasileira de Ergonomia (Vol. 3, Issue 2). http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1035

PT. Banyumas Raya Transportasi. (2022). Presentasi Trans Banyumas. PT. Banyumas Raya Transportasi.

Hakim, A. U., & Fauziah, M. (2021). Evaluasi kinerja angkutan umum bus rapid transit ( BRT ) Trans Jateng Koridor 1 Purwokerto – Purbalingga. Prosiding CEEDRiMS, 319–326. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/12724

Kepaptsoglou, K., Karlaftis, M. G., & Li, Z. Z. (2010). Optimizing pricing policies in park-and-ride facilities: A model and decision support system with application. Journal of Transportation Systems Engineering and Information Technology, 10(5), 53–65. https://doi.org/10.1016/S1570-6672(09)60063-5

Spillar, R. J. (1997). Park-and-Ride Planning and Design Guidelines (Issue October). Parsons Brinckerhoff Inc.

Bos, I. (2004). Changing seats a behavioural analysis of P&R use. TRAIL Research School.

Nazalaputra, M. F., & Handayeni, K. D. M. E. (2017). Penentuan faktor-faktor pemilihan park & ride sebagai fasilitas pergerakan komuter pada koridor Bekasi-Jakarta. Jurnal Teknik ITS, 6(1), E6–E11. https://doi.org/10.12962/j23373539.v6i1.22148

Prayudyanto, M. N., & Tamin, O. Z. (2007). Kajian park and ride untuk busway Jakarta. Jurnal Transportasi, 7(2), 169–178. https://doi.org/10.26593/jtrans.v7i2.1827.%25p

Higginson, M. (2001). Park & Ride - Suplement to Highways and Transportation (Vol. 48, Issue 03). INSTITUTION OF HIGHWAYS & TRANSPORTATION. https://trid.trb.org/view/683419

Asapa, A. G. (2014). Park and ride sebagai bagian dari pelayanan kereta api Perkotaan Bandung. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 25(2), 157–173. https://doi.org/10.5614/jpwk.2015.25.2.5

Currie, G. (2005). The demand performance of bus rapid transit. Journal of Public Transportation, 8(1), 41–55. https://doi.org/10.5038/2375-0901.8.1.3

Nkurunziza, A., Zuidgeest, M., Brussel, M., & van Maarseveen, M. (2012). Modeling commuter preferences for the proposed bus rapid transit in Dar-es-Salaam. Journal of Public Transportation, 15(2), 95–116. https://doi.org/10.5038/2375-0901.15.2.5

Pandit, D., & Das, S. (2013). A framework for determining commuter preference along a proposed bus rapid transit corridor. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 104, 894–903. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.11.184

Palupiningtyas, S. E. (2015). Kriteria fasilitas park and ride sebagai pendukung angkutan umum massal berbasis jalan. Warta Penelitian Perhubungan, 27(2), 69–84. https://doi.org/doi.org/10.25104/warlit.v27i2.768

Macioszek, E., & Kurek, A. (2021). The analysis of the factors determining the choice of park and ride facility using a multinomial logit model. Energies, 14(203). https://doi.org/10.3390/en14010203

Asnawi, F. A. R., & Handayeni, K. D. M. E. (2021). Evaluasi Park and Ride Mayjen Sungkono sebagai fasilitas perpindahan moda di Kota Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 10(2), E181–E187. https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.67593

Murtejo, T., Alimuddin, A., & Superta, S. (2022). Analisa penentuan lokasi park and ride di Kota Tangerang menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Komposit: Jurnal Ilmu-ilmu Teknik Sipil, 6(2), 57-62. https://doi.org/10.32832/komposit.v6i2.7033

Cherrington, L. K., Brooks, J., Cardenas, J., Elgart, Z., Galicia, L. D., Hansen, T., Miller, K., Walk, M. J., Ryus, P., Semler, C., & Coffel, K. (2017). Decision-Making Toolbox to Plan and Manage Park-and-Ride Facilities for Public Transportation: Guidebook on Planning and Managing Park-and-Ride. The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/24770

Widiyanti, D. (2019). Pengembangan park and ride untuk meningkatkan pelayanan angkutan LRT Kota Palembang. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 21(2), 103–116. https://doi.org/doi.org/10.25104/jptd.v21i2.1562

Ibrahim, F., & Samang, L. (2010). Pendekatan analisis multi kriteria dalam pemilihan trase jalan pada kawasan terisolir Aralle Tabulahan Mambi (ATM) Provinsi Sulawesi Barat. Prosiding Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil (KNPTS 2010), A79–A88. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/49332406/PENDEKATAN_ANALISIS_MULTI_KRITERIA_DALAM_PEMILIHAN_TRASE_JALAN-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1660505171&Signature=BhaEpYKYfN8VW8JzF0K4UumJmMmWD1214Zp~oT2pBj7wh7cOD2tpGBEOCxIauXIT7ZHaFoHCKQSSTN~~Y10HErnQTHHgFEhC4NUwQjR9TSa-bF29uJBgITsDh24kRArouCetx4FpwdxMjmzk3hwZEjQOAQ3byLwM5NS3sicYDxyvBAHxnS0n9zLVxYB8lUr4CQjcw0SyjB93UThg~HOmc85mKQ1N1eTszgFMAtNO2sGD7cst-YFMYoMNxtMcVOdHeexY6JF3b4zVTkOCj2daqnAtJnWsXZPTXCkqpOy1QosGs9RVCoNQIjc412ftubqwtVXmsCqKjwjZc0z6lfkNQQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Sulistyorini, R., & Herianto, D. (2010). Analisis multi kriteria sebagai metode pemilihan suatu alternatif ruas jalan di Propinsi Lampung. Jurnal Rekayasa, 14(3), 147–156. http://ft-sipil.unila.ac.id/ejournals/index.php/jrekayasa/article/download/97/pdf

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Permodelan, & Rekayasa Transportasi : Teori, Contoh Soal, dan Aplikasi. Penerbit ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v18i1.15215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.