Pengembangan Kawasan Minapolitan Berkelanjutan Kecamatan Puger

Teeusa Cahyani Adiningsih, Akhmad Hasanuddin, Rindang Alfiah

Abstract


Kawasan Minapolitan merupakan suatu bagian wilayah yang mempunyai fungsi utama ekonomi yang terdiri dari sentra produksi pengolahan, pemasaran komoditas perikanan, pelayanan jasa, dan/atau kegiatan pendukung lainnya. Kabupaten Jember terkenal akan adanya laut Kabupaten Jember yang tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2011 – 2031 terkait arahan pengembangan kawasan perikanan, diarahkan menjadi salah satu wilayah pengembangan kawasan minapolitan perikanan tangkap yaitu di kawasan Puger. Kecamatan Puger berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Jember Tahun 2015 – 2035, Kecamatan Puger merupakan kawasan strategis kabupaten sebagai kepentingan pertumbuhan ekonomi dengan menetapkan Kecamatan Puger sebagai pengembangan kawasan minapolitan. Maka dari itu  dalam penelitian ini membahas mengenai kawasan minapolitan berkelanjutan di Kecamatan Puger, akan tetapi kawasan minapolitan berkelanjutan Kecamatan Puger terdapat permasalahan dalam upaya pengembangan, seperti pemanfaatan sumber daya alam perikanan yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting dari kawasan minapolitan berkelanjutan berdasarkan lima dimensi (ekologi, ekonomi, sosial, infrastruktur dan kelembagaan) serta mengetahui nilai berkelanjutan di Kawasan Minapolitan Kecamatan Puger dan prioritas utama dalam pengembangan kawasan minapolitan berkelanjutan Kecamatan Puger. Terdapat tiga metode analisis yaitu yang pertama menggunakan analisis skoring untuk memberikan gambaran umum dari kawasan minapolitan Kecamatan Puger dari hasil observasi, wawancara. Metode analisis kedua yaitu dengan metode kuantitatif berupa AHP Analythic Hierarchy Process (AHP), untuk mengetahui prioritas utama dari setiap variabel yang diuji. Metode analisis ketiga yaitu SWOT, untuk mengetahui strategi pengembangan dari hasil analisis deskriptif dan analisis AHP. Dengan adanya penelitian ini bahwa Kawasan Minapolitan Berkelanjutan Kecamatan Puger sudah memadai selain itu, terdapat empat strategi pengembangan dari hasil analisis AHP dan SWOT yaitu pada variabel ekonomi dan ekologi yang belum sepenuhnya berkembang.

Keywords


Skoring, Analisis AHP, SWOT, Pengembangan, Berkelanjutan, Kawasan Minapolitan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Iis. 2016. “Analisis Keberlanjutan Kawasan Minapolitan Budidaya di Desa Sarasa Kecamatan Dapurang Kabupaten Mamuju Utara.” JSTT 5 (1).

BPS (2022). Kecamatan Puger dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistika Kabupatan Jember, Kabupaten Jember.

Indonesia, Undang - Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Lembaran Negara RI Tahun 2014 Nomor 2, Tambahan Lembaran RI Nomor 5490. Sekretariat Negara. Jakarta.

Indonesia, Undang - Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Lembaran Negara RI Tahun 2007 Nomor 68, Tambahan Lembaran RI Nomor 4725. Sekretariat Negara. Jakarta.

Indonesia, Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor KEP.18/MEN/2011 tentang Pedoman Umum Minapolitan.

Indonesia, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor PER.12/MEN/2010 tentang Minapolitan.

Indonesia, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 18/PERMEN - KP/ 2014 tentang Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara RI.

Fatmawaty, D, Ikawati Ikawati, dan Erwin Amri. 2018. “Strategi pengembangan kawasan minapolitan di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene dalam konsep pengembangan wilayah.” Plano Madani: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota 7 (1): 37–45.

Karepesina, Musa, James Abrahamsz, dan Yoisye Lopulalan. 2019. “Status Keberlanjutan Dan Strategi Pengembangan Kawasan Minapolitan Perikanan Budidaya Di Kabupaten Seram Bagian Barat.” PAPALELE (Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan) 3 (2): 61–70.

Lamia, Liwe Brian, Michael M Rengkung, dan Esli D Takumansang. 2017. “Ketersediaan Prasara Sarana Dalam Mendukung Kawasan Minapolitan Di Kabupaten Minahasa Selatan.” Spasial 4 (2): 19–27.

Mukarim, Faujan Al, Irsyadi Siradjuddin, dan Siti Fatimah. 2021. “PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN BERKELANJUTAN DI DESA WATOBUKU, KECAMATAN SOLOR TIMUR, KABUPATEN FLORES TIMUR.” Plano Madani: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota 10 (1): 66–75.

Nugroho, Agus Dwi, Andi Rifani, Winaryo Winaryo, Edy Masduqi, Dyah Wahyuning Tyas, Rochma Widayanti, Reni Aqwil Masithah, Ridwan Dicky Romadon, Teguh Sulissetiyo, dan Reiningsih Reiningsih. 2020. “Penguatan Strategi Untuk Pengembangan Minapolitan Kabupaten Cilacap.” Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan 15 (2): 145–57.

Onibala, Hernie, Rene Charles Kepel, dan Hengky J Sinjal. 2018. “Development of minapolitan area in Bitung City, Indonesia.” . 6 (1): 1–7.

Pancawati, Yuliarti Dian. 2015. “Pengembangan kawasan minapolitan (studi kasus: pelabuhan perikanan Samudera Cilacap).” Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota 11 (3): 365–76.

Permatasari, Novia Indah, dan Ema Umilia. 2021. “Pengembangan Wisata Bahari Mangrove di Kota Surabaya Berdasarkan Tingkat Keberlanjutan.” Jurnal Teknik ITS 9 (2): D112–17.

Raisa, Devina Rahma, dan Rulli Pratiwi Setiawan. 2014. “Penentuan Variabel Berpengaruh Dalam Penilaian Keberlanjutan Kawasan Minapolitan di Pesisir Kabupaten Lamongan.” Jurnal Teknik ITS 3 (2): C98–101.

Supardi, Suparman, Sigid Hariyadi, dan Achmad Fahrudin. 2017. “Analisis Keberlanjutan Pembangunan Kota Tepian Pantai (Studi Kasus: Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara).” Jurnal Wilayah dan Lingkungan 5 (3): 188–204.

Surbakti, Anugra Prasetyo La’lang, Linda Tondobala, dan Suryadi Supardjo. 2019. “Analisis Tingkat Pelayanan Infrastrruktur Pendudkung Kawasan Minapolitan Petasia Di Kabupaten Morowali Utara.” SPASIAL 6 (1): 1–13.

Suryawati, Siti Hajar, dan Agus Heri Purnomo. 2017. “Analisis ex-ante keberlanjutan program minapolitan.” Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan 6 (1): 61–81.

Wibowo, Arif Budi, Sutrisno Anggoro, dan Bambang Yulianto. 2015. “Status keberlanjutan dimensi ekologi dalam pengembangan kawasan minapolitan berkelanjutan berbasis perikanan budidaya air tawar di Kabupaten Magelang.” Saintek Perikanan: Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology 10 (2): 107–13.

Wibowo, Yuli, Nita Kuswardhani, dan Qurrotun A’YUNI. 2021. “Analisis Kelayakan Pengembangan Kawasan Minapolitan yang Berkelanjutan di Kabupaten Situbondo.”




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v18i2.16724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.