Dinamika Kepemimpinan KGPAA Mangkunagoro IX Dan KGPAA Mangkunagoro X Dalam Peningkatan City Branding Kota Surakarta

Vionna Ariella Fauzia, Muhammad Sani Roychansyah

Abstract


Eksistensi city branding tidak dapat terlepas dari peran stakeholder yang terlibat didalamnya. Peran pemerintah, swasta, masyarakat, komunitas lokal, dan media yang turut serta dalam upaya penguatan city branding Kota Surakarta. Tidak terkecuali institusi budaya seperti Puro Mangkunegaran yang menjadi salah satu ikon budaya dan destinasi favorit untuk wisatawan mancanegara yang mengunjungi Kota Surakarta. Batasan dalam penelitian ini adalah kepemimpinan KGPAA Mangkunagoro IX dan KGPAA Mangkunagoro X karena city branding Kota Surakarta ditetapkan sejak tahun 2008. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan kepemimpinan KGPAA Mangkunagoro IX dan KGPAA Mangkunagoro X dalam peningkatan city branding Kota Surakarta. Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus dengan tipe studi kasus tunggal holistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perkembangan yang positif sejak pergantian kepemimpinan KGPAA Mangkunagoro IX ke KGPAA Mangkunagoro X. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Surakarta dimana salah satunya adalah kontribusi Puro Mangkunagoro.

Keywords


Kepemimpinan, Puro Mangkunegaran, Studi Kasus, Merek Kota, Kota Surakarta.

Full Text:

PDF

References


E. Braun, M. Kavaratzis, and S. Zenker, “My City - My Brand: The Different Roles of Residents in Place Branding,” J. Place Manag. Dev., vol. 6, no. 1, pp. 18–28, 2013, doi: 10.1108/17538331311306087.

K. Dinnie, City Branding: Theory and Cases. 2011. doi: 10.1057/9780230294790.

H. Mustika, “Peran Serta Stakeholder dalam Membentuk City Branding The Spirit of Java di Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta,” J. Pembang. Wil. dan Kota, vol. 13, no. 1, pp. 67–82, 2017.

A. A. Sukmaraga and A. Nirwana, “City Branding : Sebuah Tinjauan Metodologis Dengan Pendekatan Elaboratif, Praktis, dan Ilmiah,” J. Art, Des. Art Educ. Cult. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2016.

A. Vanolo, “The Image of the Creative City: Some Reflections on Urban Branding in Turin,” Cities, vol. 25, no. 6, pp. 370–382, 2008, doi: 10.1016/j.cities.2008.08.001.

C. Pugh and E. H. Wood, “the Strategic Use of Events Within Local Government: a Study of London Borough Councils,” Event Manag., vol. 9, no. 1, pp. 61–71, 2008, doi: 10.3727/1525995042781093.

M. Antara and M. Vairagya, “Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif,” Desain Komun. Vis. Sekol. Tinggi Desain Bali, p. 2, 2018.

Bappeda, “Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021-2026,” Surakarta, 2021. [Online]. Available: https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, “Laporan Akhir Kajian Analisis Belanja Wisatawan Kota Surakarta Tahun 2022,” pp. 1–171, 2022.

Diskominfo SP Kota Surakarta, “Mengenal Makna Logo Baru “Solo The Spirit of Java",” Pemerintah Kota Surakarta, 2022.

Bambang Widodo, “STRATEGI PENCITRAAN KOTA (CITY BRANDING) BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Kasus di Kota Solo, Jawa Tengah dan Kabupaten Badung, Bali),” J. Komun. Profetik, vol. 7, no. 2, pp. 33–44, 2014.

Bappeda, “Penyusunan Laporan Monitoring Dan Evaluasi City Branding Kota Surakarta,” Surakarta, 2022. [Online]. Available: http://jurnal-bengawansolo.org/index.php/jbs/article/view/16%0Ahttps://jurnal-bengawansolo.org/index.php/jbs/article/download/16/28

S. S. P. Y. Putri and A. Marsoyo, “Prospek Destinasi Pariwisata di Kota Surakarta,” vol. 24, pp. 74–86, 2023.

R. K. Yin, Case Study Research and Applications Sixth Edition, no. Mi. 2017.

R. D. Nur’aini, “Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku,” INERSIA lNformasi dan Ekspose Has. Ris. Tek. SIpil dan Arsit., vol. 16, no. 1, pp. 92–104, 2020, doi: 10.21831/inersia.v16i1.31319.

D. Desfitawarni, S. Syamsurizaldi, and F. Fatimah, “Kepemimpinan Inovatif Walikota Payakumbuh Dalam Membangun City Branding ‘Payakumbuh, the City of Randang,’” Kolaborasi J. Adm. Publik, vol. 8, no. 2, pp. 138–155, 2022, doi: 10.26618/kjap.v8i2.7751.

Putri, Kismartini, and A. Z. Rahman, “Kepemimpinan Berkelanjutan Dalam Revitalisasi Kota Lama Semarang Tahap 1,” J. Public Policy Manag. Rev., vol. 10, no. 3, pp. 10–11, 2021.

D. Pitriyanti, “Kepemimpinan Ridwan Kamil Di Kota Bandung Tahun 2013-2018 : Kajian Inovasi Kebijakan Kepemimpinan Adaptif,” J. Polit. Gov. Stud., vol. 8, no. 2, pp. 101–110, 2018, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/23561

N. Setiawan, “Eksistensi Perempuan dalam Tari Masa Mangkunegera IX Bercermin pada Tari Bedhaya Anglir Mendhung dan Bedhaya Suryasumirat,” J. Wan. dan Kel., vol. 1, no. 1, pp. 7–15, 2020, doi: 10.22146/jwk.765.

Puro Mangkunegaran, “Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkoenagoro IX (1998-2021),” Official Website Puro Mangkunegaran, 2017. https://puromangkunegaran.com/kanjeng-gusti-pangeran-arya-adipati-mangkunegara-ix-1988-sekarang/

Puro Mangkunegaran, “Misi Kebudayaan Internasional Puro Mangkunegaran,” Official Website Puro Mangkunegaran, 2022. https://puromangkunegaran.com/misi-kebudayaan-internasional-puro-mangkunegaran/

Triadi, “Festival Payung Indonesia 2023,” 2023. https://d6.kemenparekraf.go.id/?p=7897

Puro Mangkunegaran, “Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunagoro X,” Official Website Puro Mangkunegaran, 2022. https://puromangkunegaran.com/kanjeng-gusti-pangeran-adipati-aryo-mangkunagoro-x-2022-sekarang/.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v19i2.20579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.