Pengembangan Masyarakat Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang dengan Pendekatan Participatory Rural Apraissal dalam Percepatan Pembangunan Desa

Belinda Ulfa Aulia, Eko Budi Santoso, Arwi Yudhi Kuswara

Abstract


Permasalahan pembangunan pada kawasan perdesaan salah satunya disebabkan karena minimnya partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan. Desa Plumbon Gambang-Diwek-Jombang merupakan salah satu potret kawasan perdesaan yang ingin melakukan percepatan pembangunan kawasan desa dengan cara mengetahui kebutuhan pembangunan desa berdasarkan masukan langsung dari masyarakat. Melalui artikel ini akan dikaji apa yang menjadi kebutuhan pembangunan desa secara tepat dibatasi pada kebutuhan pembangunan terkait aspek fisik. Untuk mendapatkan informasi yang akurat maka digunakan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) dengan menggunakan teknik participatory mapping. Dengan menggunakan teknik tersebut diharapkan dapat terrumuskan kebutuhan pembangunan desa berdasarkan asas partisipatif kemudian selanjutnya dapat ditentukan prioritas kebutuhan pembangunan desa. Dengan memahamkan masyarakat desa atas proses partisipatif maka selanjutnya dapat digaris bawahi hal-hal yang dianggap penting dalam mengaplikasikan participatory mapping untuk menjawab kebutuhan pembangunan desa.

Kata Kunci: pengembangan masyarakat, Participatory Rural Appraissal (PRA), participatory mappig


Full Text:

PDF

References


Anyaegbunam, C., Mefalopulos, P., & Moetsa, T. (2004). Participatory Rural Communication Appraisal. Rome: FAO-UN.

Bloor, M., Frankland, J., Thomas, M., & Robson, K. (2002). Focus Group in Social Research. Wiltshire: The Cromwell Press Ltd.Cavestro, L. (2013). Participatory Rural Appraisal Concepts, Methodologies,andTechniques. Padova: Università degli Studi di Padova.

Corbett, J. (2009). Good Practices in Participatory Mapping. Kelowna: Univesity of Biritsh Columbia Okanagan.

Freudenberger, K. S. (2008). Rapid Rural Appraisal (RRA) and Participatory Rural Appraisal (PRA), A Manual for CRS Field Workers and Partners. Baltimore: Catholic Relief Services.

Sumodiningrat, Gunawan. (1996) Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. Jakarta, PT.Gramedia Pustaka Utama

Waimbo, D. E. (2012). Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan: Keterlibatan Masyarakat dan PeranPemimpin Lokal di Kampung Sawinggrai Kabupaten Raja Ampat. Salatiga: UKSW.

Kecamatan Gudo Dalam Angka 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v11i2.5230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.