Peran Kota Wonosari Terhadap Perkembangan Wilayah

Ulul Ashar Kuswantoro, Retno Widodo Dwi Pramono

Abstract


Perkembangan suatu kota salah satunya dipengaruhi oleh keterkaitannya  dengan kota lain baik secara regional maupun nasional, serta keterkaitan dengan daerah belakangnya. Kota Wonosari sebagai ibukota Kabupaten Gunungkdul merupakan salah satu pusat pertumbuhan dan Pusat Kegiatan Wilayah Promosi (PKWp) di Provinsi DIY yang dapat berkembang tanpa adanya aglomerasi dari Kawasan Perkotaan Yogyakarta (KPY). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan Kota Wonosari dan mengkaji peran Kota Wonosari terhadap perkembangan Kabupaten Gunungkidul. Pendekatan penelitian ini menggunakan alur pemikiran deduktif kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan regresi berganda. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perkembangan Kota Wonosari dari segi fisik, penduduk dan ekonomi mengalami perkembangan yang signifikan. Keberadaan sektor pariwisata yang pesat di Kabupaten Gunungkidul dan letak Kota Wonosari  yang strategis sebagai sebagai pintu masuk objek wisata yang ada turut memicu perkembangan Kota Wonosari. Fasilitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang ada di Kota Wonosari hanya efektif digunakan oleh penduduk dari Kabupaten Gunungkidul. Hal ini deisebabkan karena kedekatan dengan Kota Yogyakarta yang mempunyai fasilitas lebih lengkap. Pengaruh Kota Wonosari sebagai pusat pertumbuhan terhadap Kabupaten Gunungkidul sangat kuat. Dari hasil uji regresi didapat empat variabel independen yaitu penduduk, ekonomi, jumlah fasilitas dan tingkat pendidikan Kota Wonosari berpengaruh terhadap perkembangan Kabubaten Gunungkidul. Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi adanya pengaruh yang menyebar dari pusat kota Wonosari ke wilayah Kabupaten Gunungkidul (spread effect). Kota Wonosari sebagai pusat pertumbuhan pada level kabupaten sudah sesuai fungsinya sebagai pusat pertumbuhan di wilayah Provinsi DIY.

Keywords


kota; pengaruh kota; perkembangan wilayah; pusat pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, “Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 6 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Gunungkidul Tahun 2011-2030,” Gunugkidul: Bappeda Kabupaten Gunungidul (2011).

B. Pigawati dan N. Prasetyo, “Evaluasi Kesesuaian Fungsi Pusat Kota Wonosobo sebagai Pusat Pelayanan,” Semarang: Universitas Diponegoro (2013).

J. W. Forrester, “Urban Dynamics,” London: The M.I.T. Press (1969).

H. S. Yunus, “Struktur Tata Ruang Kota,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2015).

D. E. Prasetyo, “Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tenaga Kerja Terhadap PDRB Provinsi Kalimantan Tengah,” Tesis. Yogyakarta: UGM (2019).

D. A. Rondinelli and K. Ruddle, “Urbanization and Rural Development A Spatial Policy for Equitable Growth,” New York: Praeger Publisher (1978).

Firmansyah, “Peran Kota Cepu Sebagai Pusat Pertumbuhan di Kabupaten Blora,” Universitas Diponegoro (2017).

Hardjono, “Analisis Pengaruh Pertumbuhan Kota Terhadap Perkembangan Wilayah Hinterland Di Kabupaten Blitar,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH. Vol. 5, No. 1 (2007) 37-46.

S. Ke and E. Feser, “Count on the Growth Pole Strategy for Regional Economic Growth? Spread Backwash Effects in Greater Central China,” Regional Studies. Vol. 44. No. 9 (2010) 1131-1147.

M. Lipton, “Why Poor People Stay Poor: Urban Bias in World Development,” London: Temple Smith (1977).

Bappenas. Pengurangan Ketimpangan Pembangunan Wilayah. [Online]. Available: http://www.bappenas.go.id/files/2013/5027/4496/bab-26---pengurangan-ketimpangan-pembangunan-wilayah__20090202213335__ 1758__26.pdf. Diakses 26 Juni 2019.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,” Bandung: Alfabeta ( 2012)

Badan Pusat Statistik, “Kecamatan Wonosari Dalam Angka Tahun 2000 sampai dengan 2018,” “Kabupaten Gunungkidul Dalam Angka Tahun 2000 sampai dengan 2018,” (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v15i1.6826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.