Arahan Pengembangan Taman Tematik di Kecamatan Bandung Wetan dengan Pendekatan Urban Acupuncture

Muhammad Raihan, Putu Rudy Satiawan

Abstract


Kota Bandung masih perlu menambahkan luas ruang terbuka hijau. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan cara revitalisasi taman kota dengan bentuk taman tematik. Taman tematik di Kota Bandung paling banyak terdapat di Kecamatan Bandung Wetan. Terdapat 11 taman tematik yang tersebar di Kecamatan Bandung Wetan. Berdasarkan penelitian sebelumnya, masih terdapat evaluasi terkait taman tematik sebagai ruang terbuka hijau. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan arahan pengembangan Taman Tematik di Kecamatan Bandung Wetan dengan Pendekatan  Urban Acupuncture. Metode analisis yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah content analysis dan juga analisis validasi triangulasi. Content analysis dilakukan kepada hasil wawancara 12 narasumber yang berasal dari kelompok pemerintah dan komunitas kreatif atau pengunjung terkait taman tematik untuk merumuskan faktor pengembangan taman. Sedangkan analisis validasi triangulasi dilakukan untuk merumuskan arahan pengembangan dengan pendekatan Urban Acupuncture. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan faktor pengembangan taman tematik di Kecamatan Bandung Wetan, yaitu (1) Kegiatan/Aktivitas; (2) Kenyamanan; (3) Partisipasi Masyarakat; (4) Kebersihan; (5) Komunitas Kreatif; (6) Kondisi fasilitas; dan (7) Kebersihan. Dengan adanya faktor pengembangan tersebut dapat diketahui faktor yang harus dikembangkan pada setiap taman tematik di Kecamatan Bandung Wetan untuk menghasilkan arahan pengembangan berdasarkan pendekatan Urban Acupuncture.

Keywords


Arahan Pengembangan; Taman Tematik; Urban Acupuncture

Full Text:

PDF

References


F. Naldi and - Indrianawati, “Pembangunan Geodatabase Ruang Terbuka Hijau Kota Bandung,” REKA GEOMATIKA, 2018, doi: 10.26760/jrg.v2016i1.1832.

F. Ilmiajayanti dan D. I. K. Dewi, “Persepsi Pengguna Taman Tematik Kota Bandung Terhadap Aksesibilitas Dan Pemanfaatannya,” Ruang, vol. 1, no. 1, pp. 21-30, Jan. 2015.

Bappeda, “Kajian Konsep Pengembangan dan Pengelolaan Taman Kota menjadi Taman Tematik di Kota Bandung,” November 2014. [Online]. Available: https://docplayer.info/49622277-Kajian-konsep-pengembangan-dan-pengelolaan-taman-kota-menjadi-taman-tematik-di-kota-bandung.html.

DPKP3, 2018. [Online]. Available: http://dpkp3.bandung.go.id/informasi/pertamanan.

D. M. Sumaatmaja dan B. Pranggono, “Kajian Keberlanjutan Taman Tematik Berdasarkan Perspektif Pengunjung,” Prosiding Perencanaan Wilayah dan Kota, vol. 3, no. 2, Agu. 2017.

R. E. Lestari, “Evaluasi Pemanfaatan Fungsi Taman Tematik sebagai Urban Landscape dalam Upaya Perwujudan Green City (Studi Kasus: Taman Tematik di Kota Bandung),” Skripsi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Universitas Komputer Indonesia, Bandung, 2015.

R. Widyahantari and I. Rudiarto, “KAPASITAS PEMERINTAH KOTA BANDUNG DALAM PENYEDIAAN TAMAN TEMATIK GUNA MEWUJUDKAN KOTA LAYAK HUNI,” J. Pengemb. Kota, 2018, doi: 10.14710/jpk.6.1.9-16.

M. M. Ari, D. Zulkaidy dan P. D. Wiwik, “Evaluasi Dampak Penyediaan Taman-Taman Tematik Kota Bandung berdasarkan Persepsi Masyarakat Sekitar,” Prosiding Temu Ilmiah IPLBI , pp. 163-170, 2016.

J. Lerner, Urban Acupuncture: Celebrating Pinpricks of Change that Enrich City Life, Washington: Island Press, 2014.

K. Houghton, M. Foth dan E. Miller, “Urban acupuncture: Hybrid social and technological practices for hyperlocal placemaking.,” Journal of Urban Technology, pp. 3-19, 2015.

S. Schroeder, J. Burnis, A. Denton, A. Krasnow, T. S. Raghu, and K. Mathis, “Effectiveness of Acupuncture Therapy on Stress in a Large Urban College Population,” JAMS J. Acupunct. Meridian Stud., 2017, doi: 10.1016/j.jams.2017.01.002.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v15i2.7302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.