Analisis Tingkat Pelayanan Trans Balikpapan Berdasarkan Persepsi Pengguna (Studi Kasus: Koridor D Terminal Batu Ampar-Pelabuhan Ferry Kariangau)

Zahra Salsabila, Ajeng Nugrahaning Dewanti, Mohtana Kharisma Kadri

Abstract


Trans Balikpapan merupakan satu-satunya transportasi umum di Kota Balikpapan yang melayani mobilitas penduduk dari Terminal Batu Ampar-Pelabuhan Ferry Kariangau. Akan tetapi terdapat beberapa aspek pelayanan Trans Balikpapan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan minimal, diantaranya adalah keselamatan, kenyamanan, kesetaraan dan keteraturan. Di sisi lain terjadi penurunan jumlah pengguna Trans Balikpapan pada tahun 2014-2019. Dengan melakukan analisis tingkat pelayanan dapat diketahui tingkat kinerja dan kepentingan dari setiap faktor kualitas pelayanan maupun secara keseluruhan. Sehingga dapat menjadi masukan dalam melaksanakan peningkatan pelayanan Trans Balikpapan Koridor D, mengingat koridor ini sebagai satu-satunya koridor yang beroperasi sejak tahun 2014. Terdapat dua sasaran dalam penelitian ini, sasaran pertama adalah menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pelayanan Trans Balikpapan menggunakan analisis isi dan sasaran kedua adalah menganalisis tingkat pelayanan Trans Balikpapan menggunakan analisis Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis sasaran 1 didapatkan 25 dari 28 variabel yang berpengaruh terhadap pelayanan Trans Balikpapan. Selanjutnya sebanyak 25 variabel yang berpengaruh tersebut dinilai tingkat kepentingan dan kinerja berdasarkan persepsi pengguna menggunakan analisis IPA. Berdasarkan hasil analisis IPA diketahui bahwa secara rata-rata keseluruhan, pelayanan Trans Balikpapan termasuk dalam kategori kurang puas menurut penumpang dengan nilai 76% serta terdapat beberapa variabel yang memiliki kinerja rendah namun tergolong penting menurut penumpang yaitu kursi prioritas, fasilitas kebersihan halte, fasilitas kebersihan bus, ketepatan waktu, informasi tarif, informasi jadwal, ruang khusus untuk kursi roda dan waktu tunggu.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepentingan, Tingkat Kinerja, Trans Balikpapan

Full Text:

PDF

References


W. Winarni, E. R. Pratiwi, and S. Subchan, “Desain Rute Jaringan Moda Bus Kota di Balikpapan sebagai Antisipasi Kemacetan di Balikpapan,” SPECTA J. Technol., 2018, doi: 10.35718/specta.v2i3.39.

M. Simanjuntak, A. Gunawan Malau, and T. J. Frans Kalangie, “Kajian Tingkat Kebutuhan Kompetensi Berdasarkan Permenhub No. PM 7 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk Pengembangan SKKNI Sektor Transportasi,” Meteor STIP Marunda, 2019, doi: 10.36101/msm.v12i1.57.

R. A. Chikita, L. Djakfar, and M. R. Anwar, “Kajian Kinerja Terminal Batu Ampar Kota Balikpapan,” Rekayasa Sipil, 2017, doi: 10.21776/ub.rekayasasipil/2017.011.02.7.

Y. Octaviana, “Studi Tentang Pengelolaan Terminas Bus Antar Kota Dalam Provinsi di Kota Balikpapan,” eJournal Ilmu Pemerintah., 2017.

S. of tranportation Statistics-BPS, “Land Transportation Statistics,” 2018.

BPS RI, “Statistik Transportasi Darat,” Bps Ri. 2017.

S. Jamieson, “Likert scales: How to (ab)use them,” Med. Educ., vol. 38, no. 12, pp. 1217–1218, 2004, doi: 10.1111/j.1365-2929.2004.02012.x.

R. W. Emerson, “Likert Scales,” J. Vis. Impair. Blind., 2017, doi: 10.1177/0145482x1711100511.

L. Anggraeni, P. Deoranto, & D. Ikasari, “Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index”. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, Vol. Nomor 2, (2016) 74-81,

Y. S. Saputra dan S. W. Hati, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadapkualitas Layanan Ojek Online (Wakjek) Di Kota Batam”., Journal of Applied Business Administration, Vol. 1, No. 1, (2017, Maret) 96-121




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v15i2.7511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.