Perancangan Chassis Traktor Angkut Hasil Pertanian

Mohammad Maulfi Haris Fanani, Julendra Bambang Ariatedja

Abstract


Perancangan chassis traktor angkut hasil pertanian dibuat menyesuaikan dengan kebutuhan di pedesaan yang mempunyai jalan beragam seperti tanjakan, turunan, berbatu, berpasir, berlumpur, dan jalan yang sempit. Chassis harus mendukung kendaraan untuk dapat berbelok dengan sudut yang kecil, menghindari chassis mengalami puntir akibat jalan yang tidak rata, dan memastikan semua roda dapat menapak dengan sempurna. Langkah perancangan desain yang dilakukan meliputi menentukan spesifikasi desain berupa dimensi chassis, beban maksimal, mekanisme gerak dan belok, dan material pembentuk. Langkah analisa desain dilakukan dalam empat kondisi meliputi kondisi kecepatan konstan, akselerasi, pengereman, dan kondisi belok menggunakan Finite Element Methode untuk mencari von-Mises stress dan safety factor dari setiap kondisi. Hasil dari perancangan adalah chassis dengan dimensi panjang 2150 mm dan lebar 550 mm. Material chassis adalah ASTM A36 steel dengan profil tube square dan l-angle equal dengan dimensi 50×50×3,2 mm. Hasil analisa von-Mises stress pada chassis menampilkan hasil terbesar ada pada kondisi belok yaitu von-Mises stress sebesar 164,4 MPa atau safety factor sebesar 1,66. Von-Mises stress terkecil ada pada kondisi kecepatan konstan yaitu sebesar 95,3 MPa dengan safety factor 2,88.

Keywords


Articulated Frame; Chassis; Finite Element Method; Safety Factor; Von-Mises Stress

Full Text:

PDF

References


F. Rahim and B. Ariatedja, “Perancangan dan Analisa Sistem Transmisi Infrastructural Mobile dari Hasil Pertanian,” Surabaya, 2018.

Y. Yin, “Design optimization of an articulated frame steering system Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers,” J. Automob. Eng., vol. D, no. 10.1, 2017.

J. Brown and A. Robertson, “Motor Vehicle Structures: Concepts and Fundamentals.”

A. Wiratama, “Analisa Kekuatan Chassis Bus Listrik menggunakan Simulasi Berbasis Metode Elemen Hingga,” Surabaya, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26226847.v2i1.5487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats