Tahapan Penataan Susunan Jalur Jalan Rel (Track Layout) di Emplasemen Stasiun Caruban
Abstract
Salah satu tahapan dalam pembangunan jalur ganda jalan rel lintas selatan pulau Jawa antara Jombang – Madiun adalah penataan jalur jalan rel emplasemen stasiun (track layout) di stasiun Caruban. Secara garis besar penataan track layout emplasemen stasiun Caruban adalah melakukan perubahan bentuk dan jumlah jalur jalan rel dari yang ada sekarang berjumlah 3 jalur menjadi berjumlah 5 jalur serta perubahan sistem persinyalan dari sistem mekanik menjadi sistem persinyalan elektrik. Saat melaksanakan seluruh pekerjaan penataan track layout emplasemen tidak diperbolehkan mengganggu operasional perjalanan kereta api yang ada sehingga pekerjaan harus dapat dilaksanakan dalam waktu yang sangat terbatas yaitu waktu kosong diantara perjalanan kereta api yang ada (window time). Dalam menyusun tahapan penataan track layout, metode yang digunakan adalah melakukan inventarisasi pekerjaan yang harus dilaksanakan, kemudian mendapatkan waktu kosong yang memungkinkan untuk melaksanakan pekerjaan dan selanjutnya menyusun tahapan pelaksanaan pekerjaan. Dari hasil analisis didapatkan bahwa untuk mencapai track layout yang baru diperlukan 4 tahap penyelesain.
Keywords
Emplasemen stasiun; jalan rel; track layout
Full Text:
PDFReferences
Satker Pengembangan Perkeretaapian Jawa Timur, “DED Stasiun Antara Wonokromo - Madiun dan Jembatan BH 249 antara Sembung - Kertosono Lintas Surabaya Kota - Solo Balapan (Paket K-DST),” 2015.
Direktur Jenderal Perkeretaapian, Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2017. Indonesia, 2017, pp. 1–7.
DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j26226847.v2i2.5881
Refbacks
View My Stats