ANALISIS PENURUNAN VERTIKAL BANGUNAN BERTINGKAT KAMPUS ITS SUKOLILO MENGGUNAKAN METODE TERESTRIAL

Muhammad Taufik, Risma Indriya Ludfi

Abstract


Pembangunan dapat mengakibatkan perubahan kedudukan lahan satu terhadap yang lain sehingga dapat menyebabkan terjadinya pemampatan tanah akibat adanya beban tetap dalam jangka waktu tertentu. Dalam suatu pembangunan konstruksi, perlu diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kontruksi salah satunya adalah settlement. Settlement adalah penurunan elevasi tanah dasar yang disebabkan oleh lapisan tanah yang mengalami pembebanan di atasnya. Settlement terjadi secara perlahan dan tidak dirasakan secara langsung, sehingga analisisnya perlu dilakukan secara berkala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa terjadinya settlement bangunan di Kampus ITS Sukolilo karena banyaknya pembangunan di lokasi yang dapat memberikan dampak pada lapisan tanah dibawahnya seiring dengan waktu. Nilai settlement pada bangunan dapat diketahui dengan melakukan pengukuran beda tinggi terhadap posisi bangunan yang satu terhadap yang lain. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengukuran deformasi vertikal bangunan atau settlement dengan menganalisa elevasi awal bangunan pada tiga bulan terakhir. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa bangunan bertingkat di Kampus ITS Sukolilo mayoritas mengalami penurunan elevasi sejak awal pembangunan. Bangunan yang mengalami penurunan elevasi setiap bulan adalah Perpustakaan, Gedung Rektorat, Teknik Fisika, Biologi, dan Teknik Elektro. Sedangkan Teknik Geomatika, Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, dan Kimia mengalami penurunan dan mengalami kenaikan pada bulan selanjutnya. Bangunan yang mengalami deformasi vertikal berupa penurunan terbesar adalah Teknik Fisika sebesar -0,045 m, dan deformasi berupa kenaikan terbesar adalah Teknik Sipil sebesar +0,035 m.


Keywords


Elevasi; Bangunan; Settlement

Full Text:

PDF

References


Das, Braja M. 2002. Principles of Geotechnical Engineering – 5th Edition. Three Lakes: Cole Publishing.

Supriyani, R. O. 2018. Evaluasi Teknis Elevasi Jalan Utama Kampus ITS Sukolilo Surabaya. Surabaya: Teknik Geomatika ITS.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i1.3939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.