PENGGUNAAN DAN EVALUASI METODA GRAPHIC INDEX MAPPING DALAM PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PATI

Ben Proyogo Hillman, Chatarina Nurjati Supadiningsih, Yuwono Yuwono

Abstract


Dalam proses pencatatan tanah memperlukan survey dan pemetaan, dimana  hasilnya dapat berupa data dan informasi yang berbentuk peta ataupun sistem informasi sebagai basis data tentang pertanahan yang akurat dalam mendukung peran dan fungsi Badan Pertanahan Nasional. Akan tetapi, pada kenyataannya sistem pengarsipan di Kantor Pertanahan masih terdapat suatu kekurangan, sehingga bagi masyarakat pengguna jasa Kantor Pertanahan masih mengalami kesulitan mendapatkan informasi tentang status tanah yang ada. Maka dikembangkanlah suatu metoda baru yaitu Graphic Index Mapping ( GIM ).

 

Graphic Index Mapping (GIM) merupakan suatu metode pemetaan digital dalam melokasikan bidang tanah yang telah terdaftar pada peta dasar pendaftaran agar diketahui posisi relatif bidang tersebut dengan keadaan sekitarnya dan bertujuan untuk mempermudah dalam penyajian data pencatatan tanah. Data hasil proses GIM, dimana hasil utamanya berupa peta tematik, dipergunakan dalam penyusunan Sistem Informasi Pendaftaran Tanah ( SIPT ).

 

Dari hasil pembuatan SIPT, di Desa Puri terdapat sebanyak 1820 bidang tanah dengan kriteria 1241 bidang tanah yang belum memiliki sertifikat Tanah dan sebanyak 579 bidang tanah telah memiliki sertifikat tanah dan di Desa Winong terdapat sebanyak 2220 bidang tanah dengan kriteria 1508 bidang tanah yang belum memiliki sertifikat Tanah dan sebanyak 712 bidang tanah telah memiliki sertifikat tanah.

 

Dengan penggunaan GIM pada penyusunan SIPT, didapatkan suatu tampilan peta yang lebih sistematis dan lengkap mengenai informasi bidang tanah dibandingkan dengan metoda pemetaan digital pada umumnya . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan GIM lebih sesuai dalam penyajian data spasial terutama dalam pemetaan bidang-bidang tanah.

Keywords


Graphic Index Mapping (GIM), Sistem Informasi, Pendaftaran Tanah, Badan Pertanahan Nasional

Full Text:

PDF

References


Aronoff, 1989. Geographic Information System: A Management Perspective. Ottawa, Canada. WDL Publication.

Asyari, Faisal Achsan. 2009. Pengembangan Program Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah ( P4T) Sistem Informasi Pertanahan (SIP) (Studi Kasus: Desa Mojomulyo dan Desa Gempolsari Kabupaten Pati, Jawa Tengah) : Penelitian Program Studi Teknik Geomatika FTSP-ITS

Atmapradhana,Tedi. 2009. Evaluasi Rencana Detail Tata Ruang Kota Surabaya Unit Pengembangan ( UP ) Satelit Menggunakan Citra Satelit Quickbird. Surabaya : Penelitian Program Studi Teknik Geomatika FTSP-ITS

Ayunita, Putri. 2009. Kajian Pembuatan Peta Dasar Pendaftaran Dengan citra Satelit Quickbird (Studi Kasus Kantor Pertanahan Jember). Surabaya : Penelitian Program Studi Teknik Geomatika FTSP-ITS.

Deviantari, Udiana Wahyu, 2008. Analisa Perubahan Luas Bidang Tanah Akibat Transformasi Koordinat. Surabaya : Penelitian Program Studi Teknik Geomatika FTSP-ITS

Khomsin, 2004. Buku Ajar Pemetaan Digital. Surabaya. Program Studi Teknik Geodesi FTSP-ITS.

Nurjati, C. 2005. Pertanahan 1. Program Studi Teknik Geodesi FTSP-ITS, Surabaya

Pardosi, Mico.2004. Buku Panduan Microsoft Visual Basic 6.0. Edisi Revisi. Dua Selaras : Surabaya.

Pradana, Rizaldy dan Asyari, Faisal Achsan. Kerja Praktek : Pembuatan Peta Pendaftaran Dalam Program Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (P4T) di Kantor Pertanahan Pati Jawa Tengah (Studi Kasus Desa Mojomulyo Kecamatan Tambakromo Pati). Surabaya : Program Studi Teknik Geomatika FTSP-ITS.

Prahasta, E. 2001. Sistem Informasi Geografis. Edisi Revisi, Cetakan Kedua. C.V.Informatika : Bandung.Abidin, HZ, 2000. Penentuan Posisi Dengan GPS Dan aplikasinya. Jakarta : Pradnya Paramita

Indonesian Land Administration Project http://www.xyz.au.com/members/intelligence/pdf_files/Title_indo.pdf . Dikunjungi pada tanggal 24 Nopember 2010, jam 10.28.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v7i1.4217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.