STUDI PERUBAHAN SUHU PERMUKAAN LAUT MENGGUNAKAN SATELIT AQUA MODIS

Bangun Muljo Sukojo, Lalu Muhamad Jaelani

Abstract


Suhu permukaan laut (SPL) merupakan salah satu faktor penentu kualitas suatu perairan. Suhu mempengaruhi aktivitas metabolisme dan perkembangbiakan organisme di lautan.

 

Pemantauan gejala perubahan suhu secara berkala diperlukan dalam melakukan analisa pola sebaran SPL. Analisa tersebut menggunakan citra satelit AQUA MODIS. Pengamatan suhu dapat digambarkan dengan baik oleh kanal 20, 31 dan 32 citra AQUA MODIS.

 

Algoritma yang digunakan adalah algoritma Brown dan Minnet, 1999 (ATBD_25) untuk mendapatkan nilai SPL. Dari hasil pengolahan data dan analisa didapatkan bahwa SPL rata – rata tahun 2010 sebesar 22,93⁰C. Uji validasi dilakukan  yang dilakukan bernilai 70,9%, yang menunjukkan SPL pengolahan citra mempresentasikan kondisi sesungguhnya. Data hasil analisis dapat dijadikan sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya.

Keywords


Citra AQUA MODIS , SPL

Full Text:

PDF

References


Abidin, H.Z. 2001. Geodesi Satelit. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.

Brown, O.B dan P.J, Minnet. 1999. Modis Infared Sea Surface Temperature Algorithm, Algorithm Teoritical Basis Document (ATBD) 25 Version 2.0. University of Miami.

Farita, Y. 2006. Variabilitas Suhu di Perairan Selatan Jawa Barat dan Hubungannya dengan Angin Muson, Indian Ocean Dipole Mode dan El Nino Southern Oscilation.Skripsi. Departemen Ilmu Kelautan., Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauta, Institut Pertanian Bogor.

Handani, L. 2008. Studi Perbandingan Suhu Permukaan Laut dari Data Citra Modis dengan Data Argo Float di Selatan Jawa Bali. Surabaya: Teknik Geomatika FTSP-ITS.

Purwadhi, S.H. 2001. Interpretasi Citra Digital. Jakarta: Grasindo.

Purwadhi,S.H dan Sanjoto,B.T. 2008. Pengantar Interpretasi Citra Penginderaan Jauh. LAPAN.

Xiao, X, et all. 2004. Mapping paddy rice agriculture in southern China using multi-temporal MODIS images Xiangming.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v7i1.4223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.