STUDI FOTOGRAMETRI JARAK DEKAT DALAM PEMODELAN 3D DAN ANALISIS VOLUME OBJEK

Defry Mulia, Hepi Hapsari Handayani

Abstract


Fotogrametri adalah sebuah proses untuk memperoleh informasi metris mengenai sebuah objek melalui pengukuran yang dibuat pada hasil foto baik dari udara maupun dari permukaan tanah. Interpretasi foto didefinisikan sebagai ekstraksi dari informasi kualitatif mengenai foto udara dari sebuah objek oleh analisis visual manusia dan evaluasi fotografi (Edward dan James 2004). Dalam disiplin ilmu fotogrametri dipelajari berbagai metode untuk mengklasifikasikan dan menginterpretasi foto udara dengan berbagai metode. Pengolahan data dilakukan dengan pengambilan gambar objek menggunakan kamera non metric, pengukuran menggunakan Electronic Total Station (ETS) dan roll meter yang kemudian dilakukan kalibrasi kamera menggunakan Sotware Photomodeler Scanner untuk mendapatkan parameter internal kamera. Kemudian melakukukan penandaan titik pada foto sampai akhirnya pembentukan objek 3 dimensi dan volume objek. Selanjutnya melakukan perbandingan dengan hasil pengolahan data thacymetri. Hasil penetilian ini menunjukkan bahwa data foto pada fotogrametri jarak dekat belum bisa dijadikan acuan dalam proses pembentukan 3 dimensi maupun perhitungan volumenya. Perkiraan volume pada objek lemari menggunakan metode fotogrametri jarak dekat adalah 0,903 m3 dan dengan menggunakan rol meter adalah 0,192 m3. Sementata itu, volume objek gundukan berumput menggunakan metode thacymetri adalah 162,164987 m3 dan luas adalah 30 m2.


Keywords


fotogrametri; non-metrik; IOP

Full Text:

PDF

References


Atkinson. 1996. Close Range Photogrametry and Machine Vision. WhittlesPublishing. Scotland, UK.

Cahyono, A.B. dan Hapsari, H.H. 2008. Petunjuk Praktikum Fotogrametri 1. Laboratorium Fotogrametri. Program Studi Teknik Geomatika, FTSP, ITS.

Hanifa, R. 2007. Studi Penggunaan Kamera Digital Low-Cost Non-Metrik AutoFocus untuk Pemantauan Deformasi. Tesis. Program Studi Teknik Geodesidan Geomatika. Institut Teknologi Bandung.

Institut Teknologi Telkom. 2008. Fotogrametri. Bandung. Gedung Learning Centre Kampus Institut Teknologi Telkom.

Kusumadarma, A. 2008. Aplikasi Close Range Photogrametry dalam PemetaaanBangun Rekayasa dengan Kamera Dijital Non Metrik Terkalibrasi. TugasAkhir. Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika. Institut Teknologi Bandung.

Ma'ruf, M. 2003. Perbandingan Digital Terrain Model (DTM) Jenis Grid DenganTriangulated Irregular Network (TIN). Tugas Akhir. Program Studi TeknikGeodesi dan Geomatika. Institut Teknologi Bandung.

Saleh, S. 1996. Statistik Induktif. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Setyadji, B. 2005. Hitung Perataan1. Program Studi Teknik Geodesi danGeomatika. Institut Teknologi Bandung.

Yakara, M. and Yilmazb, H.M. 2008. Using In Volume Computing Of DigitalClose Range Photogrammetry. The International Archives of thePhotogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences. Vol.XXXVII. Part B3b. Beijing.

Wolf, P.R. 1974. Elemen Fotogrametri Dengan Interpretasi Foto Udara dan Penginderaan Jauh. Madison : McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v10i1.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.