EVALUASI KESESUAIAN TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN CITRA ALOS AVNIR-2 TAHUN 2009 DENGAN PETA RTRW KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2007

Latri Wartika, Teguh Hariyanto

Abstract


Wilayah pesisir dan lautan merupakan salah satu sumber daya alam yang mempunyai sifat yang kompleks dan dinamis karena pengaruh dari dua ekosistem, yaitu ekosistem lautan dan daratan. Ekosistem kawasan pesisir adalah salah satu obyek yang bias diindentifikasi dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh. Citra yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra satelit ALOS AVNIR-2 tahun 2009.
Dalam menentukan evaluasi kesesuaian dan tutupan lahan kawasan pesisir di daerah penelitian, digunakan metode klasifikasi supervised maximum likelihood dan minimum distance. Dari hasil perhitungan uji ketelitian klasifikasi menggunakan metode confusion matriks didapati hasil maximum likelihood lebih baik dibandingkan dengan minimum distance. Karena memiliki nilai overall accuracy sebesar 93,6012%. Hasil klasifikasi tersebut dibandingkan dengan peta Rencana Taat Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2007, terdapat adanya penyimpangan penggunaan lahan yakni adanya pemukiman sebesar 1,42% dikawasan penelitian sedangkan pada peta Rencana Taat Ruang Wilayah (RTRW) tertera diperuntukkan sebagai kawasan tambak dan perairan.  


Keywords


pesisir; alos AVNIR-2; klasifikasi supervised; maximum likelihood; minimum distance

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. Z., dkk. 2002. Survei Dengan GPS. Jakarta: Pradnya Paramitha.

Dahuri, R., Rais, J., Ginting, S.P., dan Sitepu, M.J. 2004. Pengelolaaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Koddeng, Baharuddin. 2011. Zonasi Kawasan Pesisir Pantai Makassar Berbasis Mitigasi Bencana. Makassar : Universitas Hasanuddin

Lillesand, T.M., Kiefer, R.W., and Chipman J.W. 2004. Remote Sensing and Image Interpretation. Fifth Edition. New york : John Wiley & Sons

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. 2012. Rencana Tata Ruang Wilayah 2011. Sidoarjo: Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah.

Purwadhi, S.H. 2001. Interpretasi Citra Digital. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v9i2.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.