Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

INFORMASI UMUM

  1. Manuskrip harus asli, belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam jurnal ilmiah manapun, manuskrip tersebut tidak diajukan untuk dipublikasikan di tempat lain, dan tidak akan diserahkan ke media manapun selama proses peninjauan, kecuali jika penulis telah secara resmi menarik naskah dari Jurnal Desain IDEA.
  2. Naskah mencakup berbagai topik penelitian dalam Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Interior Arsitektur dan Manajemen Desain.
  3. Jurnal ini diterbitkan 2(dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari  dan Oktober.
  4. Setiap pemakalah yang hendak mempublikasikan makalahnya di Jurnal Desain IDEA wajib mematuhi setiap peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.
  5. Jurnal ini tidak memungut biaya pendaftaran artikel (free submission fee) maupun penanganan/pemrosesan artikel (free handling charge).
  6. Artikel yang dipublikasikan dapat diakses secara terbuka oleh publik.

KETENTUAN NASKAH

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia  dan menggunakan standar kaidah ilmiah
  2. Naskah harus disiapkan dalam format Microsoft Word dan gambar dengan format JPEG.
  3. Naskah harus diketik menggunakan huruf Times New Roman dengan 10pt, spasi 1 dan dua kolom.
  4. Manuskrip terdiri dari empat sampai delapan halaman.

Ketentuan Sistematika Penulisan:

  1. Judul: Ditulis singkat dan padat
  2. Nama Penulis: Nama penulis ditulis tanpa gelar, asal lembaga, dan alamat email.
  3. Abstrak: Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak memuat gagasan secara menyeluruh: apa yang dikerjakan, apa yang ditemukan dan apa kesimpulan utamanya.  Abstrak ditulis secara ringkas, padat dan ditulis dalam satu alinea.
  4. Kata Kunci: Kata kunci spesifik menggambarkan gagasan utama dari artikel/paper. Tuliskan kata kunci 4 atau 5 buah kata kunci menurut urutan alfabet dipisahkan dengan tanda koma.
  5. Pendahuluan: Bagian ini berisi tentang latar belakang penelitian, kajian literatur terdahulu (state of the art), permasalahan penelitian dan tujuan penelitian.
  6. Metodologi Penelitian: Bagian ini memuat penjelasan mengenai metode penelitian/observasi yang dilaksanakan dan dapat disesuaikan dengan keperluan penelitian Anda.
  7. Hasil dan Pembahasan: Bagian ini memuat hasil analisis data, jawaban permasalahan penelitian, temuan-temuan dan kebaruan (inovasi).
  8. Kesimpulan dan Simpulan: Menyajikan simpulan hasil penelitian dan saran yang disampaikan oleh peneliti.
  9. Daftar Pustaka: Gunakan daftar pustaka yang relevan dan mutakhir. Selalu sitasi referensi yang paling banyak diakses.
Artikel  dikirimkan melalui  http://iptek.its.ac.id/index.php/idea/. Dan disusun sesuai dengan template Jurnal IDEA (Word, PDF)

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Makalah yang akan dipublikasikan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang dalam proses pendaftaran untuk dipublikasikan pada jurnal yang lain
  2. Berkas makalah sudah dalam format berkas dokumen Microsoft Word.
  3. Bila tersedia, URLs dari pustaka rujukan hendaknya dicantumkan
  4. Isi makalah haruslah memenuhi aturan dan etika penulisan yang telah ditetapkan dalam Author Guidelines.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023