Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Standar artikel
    Penulis harus menyajikan artikel orisinil yang akurat mengenai proses pekerjaan yang dilakukan serta menyajikan pembahasan yang obyektif. Dalam artikel, data harus ditampilkan secara akurat. Artikel harus berisi detail dan rujukan yang cukup agar orang lain dapat mengembangkan penelitian. Pernyataan tidak benar atau tidak akurat yang disengaja merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  2. Akses ke Data
    Pada kondisi tertentu, atas permintaan dari editor, penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan proses review, penulis harus siap memberikan akses kepada editor terhadap data tersebut.
  3. Keaslian dan plagiarisme
    Penulis harus memastikan bahwa hasil karya mereka adalah asli sepenuhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain yang telah dikutip atau dikutip dengan tepat.
  4. Publikasi ganda
    Seorang penulis seharusnya tidak menerbitkan naskah yang secara deskriptif menjelaskan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi lainnya. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  5. Pengakuan Sumber:
    Penulis harus selalu mengakui karya yang telah dibuat orang lain. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat dari artikel yang diajukan.
  6. Tentang Penulis Artikel
    Nama penulis yang tertera dibatasi hanya untuk mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis. Bila ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang berkorespondensi dengan editor harus memastikan bahwa semua rekan penulis yang sesuai dan tidak ada rekan penulis yang tidak tepat disertakan dalam artikel dan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi terakhir dari artikel tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk dipublikasikan.
  7. Konflik Kepentingan:
    Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap masalah keuangan atau konflik kepentingan substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan finansial untuk proyek tersebut harus diungkapkan.
  8. Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan:
    Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya terbitannya sendiri, maka kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah tersebut.
  9. Persiapan Artikel Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dalam format word dan dikirimkan melalui  http://iptek.its.ac.id/index.php/idea/. Panjang artikel yang diperknankan adalah lima hingga delapan halaman, yang disusun sesuai dengan template Jurnal IDEA (Word, PDF)

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023