REKAYASA SISTEM LIPAT DAN LEPAS PASANG PADA SEPEDA RECUMBENT TRIKE UNTUK TOURING

Mukhammad Efendi, Andhika Estiyono

Abstract


Recumbent trike berarti sepeda roda tiga yang dikendarai dengan posisi duduk bersandar dengan kaki di depan sehingga lebih nyaman dan santai di gunakan oleh bike-packer untuk touring. Recumbent trike memiliki dimensi yang besar di bandingkan dengan sepeda pada umumnya, sedangkan salah satu kebutuhan bikepacker adalah dapat membawa sepeda untuk menyeberang pulau maupun negara dengan transportasi pendukung seperti kapal laut maupun pesawat terbang. Untuk itu dibutuhkan sepeda recumbent yang ringkas saat sepeda dikemas dan hendak di bawa mengunakan transportasi lain. Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu adanya suatu rekayasa sistem yang dapat menjawab permasalahan dan memenuhi kebutuhan para bikepacker pada recumbent trike. Pengembangan inovasi desain pada sepeda recumbent dengan sistem lipat dan lepas pasang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para bikepacker sehingga bikepacker lebih mudah saat membawa maupun mengankut sepeda dengan transportasi pendukung. Hal ini juga akan sangat berguna untuk efisiensi penyimpanan saat sepeda tidak  sedang digunakan.


Keywords


bikepacker, recumbent trike, touring, lipat, dan lepas-pasang

Full Text:

PDF

References


A. Supriyatna, "Polygon Luncurkan Sepeda Touring," 2 April 2017. [Online]. Available: https://sportku.com/read/20194/polygon-luncurkan-sepeda-touring.

Alff, D, How to Become A Bicycle Touring Pro. Chicago: Go Bicycle Touring (2014).

Andrew. Bike Touring Basics. Chicago: Travelling Two (2012).

H. Thomas, "Jetrike an Open Design," 9 November 2007. [Online]. Available: http://www.jetrike.com/why-ride-a-trike.html.

A. Kurniawan, "Implementation of Electric Bicycle Design and Environment-Friendly Energy Utilization," in Department of Industrial Design, Surabaya (2015)

S. Lord, "Bike Touring Basic," Adventure Cycle-Touring Handbook, p. 38 (2015)

H. Bruce & M. Bella. “Universal Methods of Design” 100 Ways to Research Complex Problems, Develop Innovative Ideas, and Design Effective Solutions, in the United States of America in 2012 by Rockport Publishers

M. Stuart & H. Nicola. “Research Methods Handbook” Introductory guide to research methods for social research. In Centre for Local Economic Strategies




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v17i1.6226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023