Desain Interior Perpustakaan Umum Kota Malang dengan Konsep Friendly dan Penerapan Batik Malang Kuceswara

Marini Septiani, Aria Weny Anggraita

Abstract


Perkembangan teknologi dan komunikasi berbasis internet memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi. Internet menjadi jalan pintas bagi publik untuk mengonsumsi informasi, perpustakaan yang identik sebagai tempat penyedia informasi harus mampu bersaing dengan perkembangan teknologi. Perpustakaan Umum Kota Malang dengan visi “Terwujudnya pelayanan Perpustakaan terdepan dalam Pembelajaran Non Formal serta menjadikan Arsip sebagai keutuhan informasi” memiliki fasilitas yang dapat menjangkau kalangan masyarakat luas seperti anak-anak dan difabel dengan kehadiran ruang baca anak dan layanan pojok braille. Ketika memasuki perpustakaan, penambahan papan informasi dan pentunjuk  arah  yang  jelas  dan  tepat  dapat  membantu pengunjung   untuk  menentukan  arah  secara  mandiri, penambahan fasilitas lift dan guiding block dapat membantu pengunjung difabel untuk menjangkau fasilitas perpustakaan. Pada ruang baca umum, koleksi pustaka dapat ditata kembali dan diberi tanda sesuai dengan jenis buku dan pada ruang baca anak, pengembangan desain pada suasana yang dapat meningkatkan minat baca anak. Visi tersebut diwujudkan melalui pengembangan desain interior perpustakaan lebih   lanjut. Metode desain yang diterapkan adalah metode observasi, kueisioner, wawancara dan studi literatur. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisa berdasarkan literatur dan kemudian diambil kesimpulan berupa konsep desain. Konsep friendly yang diterapkan pada desain interior perpustakaan bertujuan untuk menciptakan suasana perpustakaan yang bersahabat   bagi   pengguna   perpustakaan   untuk   mendukung segala aktivitas yang dilakukan pengguna didalam perpustakaan. Batik Malang Kuceswara diterapkan pada desain interior perpustakaan untuk memberikan identitas Kota Malang dalam desain perpustakaan serta mengenalkan budaya Kota Malang kepada masyarakat luas.

Keywords


batik; friendly; perpustakaan

Full Text:

PDF

References


IFLA. 1994. IFLA/UNESCO Public Library Manifesto 1994. https://www.ifla.org/publications/iflaunesco-public-library-manifesto-

(akses 3 September 2017).

CCSU. 2016. WORLD’S MOST LITERATE NATIONS RANKED.

https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data (akses 3 September 2017).

IH Marsya dan AW Anggraita. 2016. Studi Pengaruh Warna pada Interior Terhadap Psikologis Penggunanya, Studi Kasus pada Unit

Transfusi Darah Kota X. Jurnal Desain Interior. 1(1): 41-50.

Hedy C.Indrani. 2004. Perancangan Suasana Hangat Pada Interior

Hunian Modern. Dimensi Interior. 2(2): 147-165.

Micco Groenholm. 2010. Olor Psychology (the “Colour Affects” system). http://micco.se/wp-content/uploads/2010/05/Micco- Groenholm-on-Color-Affects-System.pdf (akses 3 September 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v4i1.4657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain Interior by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, ITS is is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jdi