Analisis Data Gaya Berat dan VLF untuk Penentuan Bidang Patahan Penyebab Semburan Lumpur di Sumur Eksplorasi BJP-1 Porong

Seno Pudji Sardjono, Prihadi Prihadi

Abstract


Semburan lumpur panas disertai gas hidrokarbon telah terjadi di sumur eksplorasi migas Banjar Panji 1 (BJP-1) Porong Sidoarjo Jawa Timur pada tanggal 29 Mei 2006. Terdapat tiga titik semburan pada posisi segaris, pada salah satu titik semburan hingga saat ini terus mengeluarkan lumpur panas dengan debit 150.000 m3/hari. Keluarnya lumpur dari tiga titik segaris mengindikasikan lumpur keluar dari bidang lemah bukan dari lubang eksplorasi. Untuk membuktikan indikasi adanya semburan lumpur yang keluar dari bidang patahan digunakan teknik geosika yaitu dengan metoda gaya berat dan VLF (Very Low Frequency). Metoda gaya berat dilakukan
pada 200 titik ukur seluas 6 km2 sedangkan untuk metoda VLF menggunakan 4 lintasan dengan panjang antara 2 - 7 km yang jarak antar pengukuran 10 m. Hasil analisis kedua metode tersebut menunjukkan adanya patahan sepanjang 7 km yang memanjang dari Barat Daya-Timur Laut memotong ketiga titik semburan lumpur. Dari data geologi kuarter daerah Porong maka patahan tersebut berkorelasi dengan patahan Watukosek yang memanjang dari gunung Penanggungan hingga Bangkalan Madura.

Keywords


semburan lumpur; gaya berat; VLF

Full Text:

PDF

References


Kadirov, F.A., A.H. Kadyrov, dan S.G. Mamadoy., Gravitational Field Dated for Mud Volcanos - on the Example of Lokbatan Volcano, Azerbaijan, Prosiding. 66th EAGE Conference and Exebition. Paris, (2004).

Krocker, R., Beyer A., Rathlau R., Schenke H.W., Haakon

Mosby Mud Volcano: Marine Gravity Data. Prosiding EGU

General Assembly. Nice (2004).

Dobrin, M., 1988. Introduction to Geophysical Prospecting. Mc Graw Hill. New York.

Reynolds, J.M., An Introduction to Applied and Environmental Geophysics, John Wiley & Sons. New York (1997).

Telford, W.M., L.P. Geldard, R.E. Sheriff dan D.A. Keys,

Applied Geophysics. Cambridge University Press. Cambridge

(1990).

Ward, S.H., Electrical, Electromagnetik, and Magnetotelluric Methods, Geophysics, vol. 45, hal. 1659-1666 (1980).

Aqies, R., S.P. Sardjono, D. Santoso, dan M.I.T. Taib, Interpretasi Bawah Permukaan Surabaya dengan Menggunakan Metoda VLF-R, Prosiding PIT HAGI ke 27. Batu (2002).

Benson, A.K., K.L. Paine, dan M.A. Stubben, Mapping Groundwater Contamination Using DC Resistivity and VLF Geophysical Methods - A Case Study, Geophysics, 62, 80-86 (1997).

McNeill, J.D., Use of Electromagnetik Methods for Groundwater Studies, dalam Geotechnical and Environmental Geophysics I, hal 191-218. SEG. Tulsa (1990).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24604682.v3i1.963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.