Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Penataan Ruang?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN PENULIS

 

Semua makalah yang diserahkan ke Jurnal Penataan Ruang (JPR) dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bhasa Inggris. Naskah harus diserahkan ke Kantor Editorial JPR menggunakan Layanan Pengajuan Online di alamat URL berikut: http://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/user/register, di mana Penulis harus mendaftar terlebih dahulu sebelum melakukan pengiriman naskah.


Jika penulis memiliki masalah pada pengiriman online, silakan hubungi Kantor Editorial di email berikut: jpenataanruang@gmail.com

1. Ketentuan Umum Penulisan Naskah

Secara umum, beberapa ketentuan mengenai naskah adalah:

  1. Naskah merupakan karya orisinalitas penulis dan bebas plagiarisme
  2. Naskah belum pernah dipublikasikan pada jurnal lainnya
  3. Naskah mencakup topik-topik bidang penataan ruang
  4. Naskah ditulis dalam layout A4, font Times New Roman 10, dan format dua kolom
  5. Naskah dapat memuat minimal empat bab, yaitu Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Diskusi, Kesimpulan/Ringkasan
  6. Naskah menggunakan acuan pustaka dari referensi primer minimum sebanyak 3 artikel
  7. Penulisan sitiran/kutipan menggunakan penomoran dengan angka arab di dalam kurung siku, contohnya [1]. Penulis disarankan menggunakan References Manager atau Citation Management Tools dalam melakukan kutipan atau sitiran.
  8. Halaman naskah dibatasi 6-10 halaman


2. Template Naskah

Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam format template artikel MS Word atau dalam format PDF yang dapat diakses melalui laman: intip.in/templatejpr

 

3. Proses Review Naskah

Setiap makalah yang dikirimkan ditinjau secara independen oleh minimal dua reviewer. Keputusan untuk publikasi, revisi, atau penolakan didasarkan pada laporan / rekomendasi reviewer.

 

4. Revisi Naskah

Naskah yang memerlukan revisi akan dikirim kembali ke penulis, setelah revisi oleh penulis selesai maka naskah harus dikembalikan ke Editor untuk dilanjutkan ke proses berikutnya.


5. Penerbitan Naskah

Naskah yang telah diputuskan oleh Editor untuk diterbitkan, selanjutnya penulis harus melengkapi formulir copyright yang dapat diunduh di intip.in/ctrjpr. Dokumen tersebut dapat diunggah sebagai Supplementary file (dokumen tambahan saat pendaftaran atau pengunggahan naskah).


 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice (Microsoft Word)
 

Copyright Notice

Sebagai Penulis jurnal, Anda memiliki hak untuk berbagai macam penggunaan artikel Anda, termasuk penggunaan oleh lembaga atau perusahaan yang mempekerjakan Anda. Hak-hak Penulis ini dapat dilaksanakan tanpa perlu mendapatkan izin khusus. Penulis memegang semua hak cipta, kecuali untuk hak penerbitan (dimiliki oleh Penerbit atau jurnal).

Penulis yang menerbitkan dalam JPR memiliki hak luas untuk menggunakan karya-karya mereka untuk tujuan pengajaran dan ilmiah tanpa perlu mencari izin, termasuk: digunakan untuk pengajaran di kelas oleh Penulis atau lembaga penulis dan presentasi pada pertemuan atau konferensi dan mendistribusikan salinan kepada peserta; gunakan untuk pelatihan internal oleh perusahaan penulis; distribusi ke kolega untuk penggunaan penelitian mereka; digunakan dalam kompilasi karya penulis selanjutnya; dimasukkan dalam tesis atau disertasi; penggunaan kembali sebagian atau ekstra dari artikel dalam karya lain (dengan pengakuan penuh atas artikel akhir); persiapan karya turunan (selain untuk tujuan komersial) (dengan pengakuan penuh atas artikel akhir); posting sukarela di situs web terbuka yang dioperasikan oleh penulis atau institusi penulis untuk tujuan ilmiah (ikuti CC dengan Lisensi SA).

Semua artikel yang diterbitkan akan segera menjadi Akses Terbuka gratis dan permanen bagi semua orang untuk membaca dan mengunduh. Kami terus bekerja dengan komunitas penulis kami untuk memilih pilihan terbaik dari opsi lisensi, saat ini sedang ditentukan untuk jurnal ini sebagai berikut: Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) versi 4.0.

Penulis dan pembaca dapat menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun, serta mencampur ulang, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial, tetapi mereka harus memberikan kredit yang sesuai (mengutip artikel atau konten), menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Jika Anda mencampur, mengubah, atau membangun di atas materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.