ANALISA DAMPAK PENINGKATAN JALAN TEMBUS JANTHO-LAMNO TERHADAP PENGEMBANGAN WILAYAH DI KABUPATEN ACEH BESAR

Fitri Dian Sari, Eko Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi dampak peningkatan jalan tembus Jantho-Lamno terhadap Manfaat ekonomi yang dihasilkan dari aktivitas perdagangan barang bagi produsen, pedagang dan konsumen untuk komoditi padi/beras, tomat dan sapi/daging sapi; penghematan biaya perjalanan bagi penumpang angkutan umum dari Jantho ke Lamno; dan potensi peningkatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi pemerintah daerah Kabupaten Aceh Besar, serta kesesuaian dampak peningkatan jalan tembus Jantho-Lamno dengan arahan pengembangan wilayah yang dibuat pemerintah daerah.

   Analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisa statistic untuk data kuantitatif. Analisa tersebut digunakan untuk mengolah data yang menyangkut perhitungan prediksi pergeseran volume penjualan, harga jual dan harga beli komoditi sebelum dan sesudah adanya peningkatan jalan tembus Jantho-Lamno.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, peningkatan jalan tembus Jantho-Lamno memberikan dampak positif terhadap manfaat ekonomi yang dihasilkan dari aktivitas perdagangan. Produsen petani padi dan pedagang komoditi beras memperoleh manfaat yang signifikan yaitu masing-masing sebesar 34.98 persen dan 61,97 persen. Namun penghematan bagi konsumen akibat pergeseran harga beli tidak signifikan yaitu dibawah 3 (tiga) persen. Penghematan biaya perjalanan bagi penumpang angkutan umum adalah sebesar 46.63 persen. Penerimaan daerah dari pembagian hasil penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)  juga mengalami peningkatan  sebesar 70,43 persen. Selanjutnya peningkatan jalan tembus Jantho-Lamno sesuai dengan arahan pengembangan wilayah Kabupaten Aceh Besar yaitu peningkatan akses untuk memperlancar pemasaran hasil produksi terutama produk yang berfungsi sebagai penopang ekonomi daerah serta penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur yang mendorong kegiatan investasi enkonomi dan sosial.


References


Adisasmita, H. Rahardjo (2005). Dasar-dasar Ekonomi Wilayah. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Anonym (2003). Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Aceh Besar Tahun 2003. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Aceh Besar.

Dikun, Suyono (2003). Infrastruktur Indonesia: Sebelum, Selama dan Pasca Krisis. Kementerian Negara Perenanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPPENAS), Jakarta.

Suprayitno, Hitapriya (2003). Konsep Dasar Model Perhitungan Manfaat Pengembangan Jaringan Jalan Bagi Ekonomi Lokal. TORSI Edisi Maret 2003 Tahun 23 No 1. Jurusan Teknik Sipil ITS, Surabaya.

Tarigan, Robinson (2005). Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Tamin, Ofyar Z (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Edisi Kedua, ITB, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.