PENDEKATAN PSIKOLOGI LINGKUNGAN PERKOTAAN DALAM PERANCANGAN KOTA

Sri Amiranti, Erwin Sudarma

Abstract


Psikologi lingkungan perkotaan yang mengkaji relasi antara perilaku pemanfaat kota dengan konteks lingkungan perkotaan tempat perilaku, menjadi pendekatan yang menjanjikan dalam proses perancangan kota dan evaluasi hasilnya. Gejala pemanfaatan ruang kota yang tidak sesuai dengan rancangan awalnya (misal: digunakan tidak sesuai peruntukan, digunakan sesuai peruntukan namun diubah tatanan fisiknya), dapat ditelusuri penyebabnya dengan pendekatan ini. Dasarnya adalah karena ruang kota terbentuk tidak hanya sebagai hasil rancangan fisik kota saja, tetapi juga karena hasil stimuli ruang kota hasil dan perilaku spasial pemanfaat kota dalam ruang kota. Proses persepsi, eksperiensi dan perilaku manusia tercakup dalam proses psikologi hubungan manusia dengan lingkungan, yang menjadi bagian kajian ilmu psikologi lingkungan. Hasil penelusurannya dapat menjadi masukan bagi perancangan kembali kawasan kota tersebut, sekaligus komparasi untuk perancangan kawasan baru yang lebih manusiawi.


References


Sri. 2002. Urban Psychology, Kertas Keria MK S2 Perancangan Kota FTSP-ITS, Jurusan Arsitektur Surabaya.

Elyacoubi, Elyasse, 1999. A Psychological Approach to the Traditional Morrocan House. Moorish Art and Architecture: Maroko.

Hershberger, Robert G, 1977, Predicting The Meaning of Architecture, in Lang, Jon ed, Designing for Human Behavior, Hutchingon & Ross, Inc, Pensylvania.

Lang, Jon. 1987. Creating Architectural Theory, The Role Behavioral Science in Environmental Design. Van Nostrand Reinhold company Inc, New York.

Madanipour, Ali. 1996. Design of Urban Space, An Inquiry Into A Socio-Spatial Process. John Wiley & Sons, Chichester

Stea, David, 1974, Architecture in the Head Cognitive Mapping, dalam Lang, Jon, cs, editor 1974, Designing for Human Behavior, Dowden, Hutchinson, Pensylvania.

Stea, David, 1977, Space, Territory and Human Movements, dalam Proshansky, Harold M, cs, editor, 1977. Environmental Psychology, Man and His Physical Setting, Holt, Rinehart and Winston, Inc, New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v3i2.2350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.