PENGEMBANGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BERDASARKAN SEKTOR INDUSTRI WILAYAH GRESIK

Amat Kasnar, Eko Budi Santoso, Putu Gde Ariastita

Abstract


Pertumbuhan sektor industri di Wilayah Gresik Selatan cukup pesat, pada tahun 2006 jumlah industri naik sebesar 31,7 sehingga banyak dibutuhkan Sumber Daya Manusia khususnya SDM dengan tingkat pendidikan SMK. Rasio SMA: SMK di Gresik Selatan sebesar 83 17%, dimana angka tersebut masih sangat jauh dari target yang telah ditetapkan oleh Depdiknas (rasio SMA:SMK 40:60). Hal itu menunjukkan bahwa di Wilayah Gresik Selatan kekurangan SMK sehingga perlu adanya penambahan SMK yang sesuai dengan kebutuhan sektor industri di Wilayah Gresik.

Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kebutuhan s\SMK skala likert, AHP, analisis Super Impose, Analisis Scoring, dan analisis deskriptif kualitatif Dari beberapa hasil analisis menunjukkan bahwa di Gresik Selatan kekurangan 4 SMK Kelompok Teknologi Industri. Adapun lokasi empat SMK tersebut adalah 2 SMK di Kecamatan Driyorejo (Desa Banjaran dan Desa Petikan) dengan Program Keahlian Kimia Industri, Teknik Mesin Produksi, Teknik Pengelasan, Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri dan Teknik Elektro Industri, 1 SMK di Kecamatan Wringinanom (Desa Sumberrame) dengan Program Keahlian Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri, Teknik Pengelasan, Teknik Mesin Produksi, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Kimia Industri dan Teknik Elektro Industri, 1 SMK di Kecamatan Menganti (Desa Domas) dengan Program Keahlian Teknik Elektro Industri, Kriya Kayu, Teknik Mesin Produksi, Kimia Analis, Teknik Pemakaian Mekanik Industri, dan Teknik Otomasi.

References


Alkadri Teknologi Untuk Pengembangan Wilayah Pusat Pengkajian Kebijakan Teknologi Pengembangan Wilayah BPPT, Jakarta

Arikunto, Suhasimi,(2006) Prosedur Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Chiara, Joseph De dan Keppelman, Lee (1975), Urban Planning and Design Criteria, Van Nostrand Reinhold Company, New York

Departemen Pendidikan Nasional (2005), Rencana Strategis Departemen

Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional (2004), Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Edisi 2004, Jakarta.

Djojonegoro, W. (1998), Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Penerbit PT. Balai Pustaka, Jakarta

Gresik Dalam Angka, 2007

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Saaty. T. L. (1993), Decision Making for Leader: The Analytical Hierarchy Process for Decisions in Complex World, Pittburgh University of Pittsburgh.

Standar Nasional Indonesia Nomor 03-1733-2004 Tahun 2004 Tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan Di Perkotaan.

Tarigan, Robinson Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi, Edisi Revisi Bumi Jakarta.

Wena, Mad. 1996, Pendidikan Sistem Ganda. Penerbit PT. Tarsito, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2716179X.v4i1.2357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Pengunjung

 

Creative Commons License

Jurnal Penataan Ruang by LPPM ITS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jpr/index.