Pengembangan Prototype Software Real Time Monitoring Berbasis Data Automatic Identification System (AIS)

A.A.B. Dinariyana, Ketut Buda Artana, Kriyo Sambodho, Dwi Kristianto

Abstract


Perangkat Automatic Identification System (AIS) adalah salah satu perangkat yang wajib dipasang pada kapal berukuran lebih besar dari 300 GT. Penggunaan perangkat AIS dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di laut (SOLAS, Safety of Life at Sea). Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya terkait dengan pemanfaatan AIS untuk inspection score pengawasan kapal dan monitoring pipa bawah laut. Hasil-hasil penelitian tersebut mendasari pembangunan konsep dasar sebuah prototype software real time monitoring berbasis AIS. Prototype yang dikembangkan saat ini adalah monitoring real time untuk anjungan lepas pantai dan pipa bawah laut, skor inspeksi kapal, dan ship tracking. mengolah data AIS sedemikian rupa dan membandingkan dengan lokasi fasilitas anjungan lepas pantai dan pipa bawah laut. Monitoring anjungan lepas pantai dan pipa bawah laut memungkinan dalam kondisi bahaya, sistem akan mengirimkan peringatan dini melalui notifikasi telepon seluler, surat elektronik dan media komunikasi lain. Sistem inspeksi kapal bermaksud untuk memonitor lalu lintas kapal dalam daerah perairan tertentu. Oleh otoritas pelabuhan, fitur ini dapat digunakan untuk memudahkan dalam menentukan prioritas kapal-kapal yang akan dilakukan inspeksi. Fitur lainnya yang dikembangkan adalah sistem data historis, yaitu penampilan kembali vessel track dalam kurun waktu, batas daerah perairan atau untuk memperlihatkan jalur/track beberapa kapal tertentu. Pengembangan prototype software ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan operasional kapal dan fasilitas lepas pantai/bawah laut serta meningkatkan efisiensi dalam melakukan monitoring terhadap lalu lintas laut.


Keywords


AIS; Inspeksi Kapal; Real Time Monitoring; Ship Tracking; Pipa Gas Bawah Laut

Full Text:

PDF

References


T. Mou, “No Title,” 2009.

A. A. B. D. MASROERI A.A., K.B. ARTANA, T. PITANA., “A Review on Some Research Issues on AIS to Improve the Ship Safety Operation at sea.,” J. Marit. Res., vol. 2, pp. 11–23, 2012.

P. H. PITANA T., A.A.B. DINARIYANA, K.B. ARTANA, M.B. ZAMAN, “Development of Hazard Navigation Map by using AIS data,” J. Marit. Res., vol. 1, pp. 43–52, 2011.

Dan Sunday, “Lines and Distance of a Point to a Line.” [Online]. Available: http://geomalgorithms.com/a02-_lines.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.