Analisa Uji Sifat Penguapan Pada Gasoline

Indah Dhamayanthie, Shelly Octaviana, Yully Mulyani

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui metode yang digunakan untuk mengukur sifat penguapan pada gasoline dan untuk mengetahui dan memahami spesifikasi yang diperbolehkan untuk gasoline menguap. Pengujian yang  dilakukan terdapat 4 sampel gasoline yaitu premium, pertalite, pertamax dan pertamax plus. Sampel kemudian diuji sifat penguapannya dengan mengacu ke ASTM D 323 untuk RVP (Reid Vapour Pressure) dan ASTM D 86 untuk distilasi. Dari pengujian Semakin besar nilai RVP pada gasoline makin rendah juga temperature yang didapat dari pengujian distilasi 10% volume penguapan yang mempengaruhi semakin mudahnya motor dinyalakan pada kondisi dingin. Semakin tinggi RVP dari gasoline makin rendah pula temperature yang didapatkan pada pengujian distilasi 90% volume penguapan ini akan mempengaruhi kemudahan pada pendistribusian bahan bakar ke setiap silinder mesin. Pada pengujian semakin tinggi angka oktan dari suatu bahan bakar bensin (gasoline), maka akan semakin bagus pula sifat penguapannya baik dari hasil uji distilasi maupun uji RVP nya. Dari hasil pengujian yang dilakukan baik pengujian distilasi atau RVP ke empat sampel beda angka oktan tersebut tidak kurang dari batas maksimum  dan minimum spesifikasi uji sifat penguapan yang dikeluarkan dirjen migas tahun 2013.


Full Text:

PDF

References


A. Riesta, Studi Pengaruh Volatilitas Bensin Terhadap Karakteristik Lainnya Dan Kinerja Mesin. Jakarta: PPPTMGB LEMIGAS, 2009.

Y. Emi, Meramu Bahan Bakar Jenis Bensin RON 91 yang Ramah Lingkungan dengan Membatasi Kandungan Senyawa Aromatik, Benzene, dan Olefin. Jakarta: PPPTMGB LEMIGAS, 2010.

H. Abdullah, Pengujian Pengaruh Mutu Bahan bakar Bensin Terhadap Kemampuan Kerja Motor Bensin. Bandung: LIPI, 2009.

Y. Emi, Pengaruh Kenaikan Tekanan Uap Reid Bensin (RVP) Terhadap Gejala Vapour Lock dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Kendaraan Di Jalan Raya. Jakarta: PPPTMGB LEMIGAS, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i1.3429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View my Stat: Click Here

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.