Perancangan dan Pembangunan Perangkat Lunak Indexing Buku Berbahasa Indonesia

Hari Prasetyo

Abstract


Pengindeksan buku merupakan sebuah proses yang membutuhkan waktu dan keahlian. Ketika kebutuhan indeks buku yang diperlukan cukup banyak, sumber daya yang dibutuhkan untuk dapat menghasilkan indeks tersebut juga akan meningkat. Sumber daya yang diperlukan meliputi waktu, tenaga, dan pikiran. Jika proses pengindeksan dapat dikerjakan secara otomatis oleh komputer, maka keperluan sumber daya tadi dapat dialihkan untuk keperluan lain. Artikel ini menjelaskan tentang pembuatan perangkat lunak untuk mengindeks sebuah buku. Buku yang dapat diindeks oleh perangkat lunak adalah buku yang berbahasa Indonesia. Dalam artikel ini terdapat implementasi dari algoritma ekstraksi kata kunci pada dokumen tunggal yang digunakan untuk mencari kata kandidat indeks. Setelah mendapatkan kata kunci yang dianggap sebagai kandidat indeks, akan dilakukan perhitungan keterkaitan semantik dengan menggunakan WordNet. Hasil dari perhitungan keterkaitan semantik dapat dikatakan sebagai indeks dari sebuah buku. Ekstraksi kata kandidat indeks menggunakan informasi statistik dari kemunculan seluruh kata-kata yang ada.   Hasil dari uji coba fungsional menunjukan bahwa perangkat lunak ini berjalan baik dari berbagai skenario yang telah dibuat. Hasil dari uji coba presisi dan sensitivitas masih dipengaruhi oleh banyak faktor. Hasil akhir yang diperoleh dari perangkat lunak ini adalah sebuah dokumen teks berisi daftar indeks beserta halaman tempat kata indeks tersebut dapat ditemukan.


Keywords


Ekstraksi Kata Kunci; Indeks; Token; WordNet

Full Text:

PDF

References


Knight, G. Norman. 1979. Indexing, the Art of: A Guide to the Indexing of Books and Periodicals, HarperCollins.

Matsuo, Y. Ishizuka, M., 2003. Keyword Extraction from a Single Document using Word Co-ocurrence Statistical Information. International Journal on Artificial Intelligence Tools, Vol. 13.

Miller, George A. 1995. WordNet: A Lexical Database for English. Communications of the ACM Vol. 38.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12342343.v1i1.3069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Engineering Software Requirements by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://iptek.its.ac.id/index.php/re/. View Visitors