DESAIN SISTEM TIKET ELEKTRONIK PADA TRANSPORTASI PUBLIK CERDAS

Achmad Affandi

Abstract


Abstrak - Surabaya yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur sudah memiliki beberapa transportasi umum, namun fasilitas yang kurang memadai serta sistem pembayaran yang tidak praktis membuat peminat transportasi umum di Surabaya rendah. Paper ini mengusulkan sistem ticketing yang dapat di terapkan pada transportasi umum Surabaya serta mengetahui kinerja sistem, baik dari sisi aplikasi pada On Board Unit maupun proses pengiriman informasi antara OBU (client) dan Control Center Room (server). Perancangan sistem ini terdiri dari 3 tahap, yang pertama yaitu perancangan sistem ticketing yang akan digunakan. Hal ini meliputi tarif , teknis transfer/transit beserta policy nya serta diskon berdasarkan kategori penumpang. Selanjutnya perancangan sistem pada OBU yang terdiri dari tiga fitur, yaitu fitur ticketing , fitur total pendapatan serta fitur registrasi. Tahap terakhir yaitu perancangan jaringan yang digunakan untuk proses pengiriman informasi antara OBU dan server.

Keywords


E-ticketing , On Board Unit , Quality of Service

Full Text:

PDF PDF

References


Affandi, Achmad dan tim, “Laporan Akhir Kajian Sistem dan Teknologi IT dalam Rangka Integrasi Angkutan Massal Cepat Trunk dan Feeder AMC Surabaya,” Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Surabaya, 2015.

- D. W. Herdiyanto, Endroyono, and I. Pratomo, “Passenger authentication and payment system using RFID based on-board unit for Surabaya mass rapid transportation,” Proceeding - 2016 Int. Semin. Intell. Technol. Its Appl. ISITIA 2016 Recent Trends Intell. Comput. Technol. Sustain. Energy, pp. 305–310, 2017.

- P. Chang, “A distributed integrated fare collection and accounting system for metropolitan railway transit,” Proc.IEEE 9th Int. Conf. Ubiquitous Intell.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213560.v1i1.6647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Nasional Amori licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/amori