Desain Cover Bankart dengan Box Negative Pressure Sebagai Media Pengangkut Pasien COVID-19

Mashuri -, Maulana -, Mohammad Ibnu Abbas, Bayu Mahardika, Rizaldy Hakim Ash Shiddieqy

Abstract


Masa pandemi covid-19 menyita banyak perhatian masyarakat dunia diawal tahun 2020. Kemunculan bermula di daratan cina yang menyebar luas ke seluruh negara. Semua kegiatan yang sudah direncanakan akan dilakukan di tahun 2020 terpaksa harus tertunda bahkan dibatalkan. Indonesia menjadi bagian dari negara yang terkena dampaknya. Banyak masyarakat terjangkit covid-19. Maka semakin banyak pula yang harus diisolasi ke rumah sakit khusus yang telah ditetapkan. Penderita suspect covid-19 di Indonesia didominasi mereka yang sudah berusia diatas 40 tahun tanpa memandang gender dengan penyakit bawaan yang sudah dialami sebelum adanya covid-19. Penyakit komorbid atau penyakit bawaan ini sangat mempengaruhi pasien yang terjangkit dengan kondisi yang cukup parah saat menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien covid-19 ketika dipindahkan dari rumah menuju ke rumah sakit rujukan dibawa menggunakan mobil ambulance. Jika mengikuti protokol kesehatan, para tenaga medis harus menggunakan pakaian hazmat (hazardous materials). Pakaian ini adalah perlengkapan perlindungan yang terdiri dari bahan anti tembus dan digunakan untuk proteksi terhadap material berbahaya. Meskipun dengan peraturan wajib menggunakan pakaian tersebut, masih banyak tenaga medis yang masih bisa terjangkit covid-19 dan menyebabkan meninggal dunia. Permasalahan tersebut menciptakan gagasan berupa desain Cover Bankart dan Box Negative pressure. Metode dalam penelitian perancangan ini adalah metode Pahl & Beitz (1996). Kedepannya dengan alat ini akan lebih membantu kinerja tenaga medis dalam melaksanakan penjemputan pasien covid-19 untuk dibawa ke rumah sakit karena pasien akan diletakkan diatas Bankart ambulance yang tertutup cover. Cover Bankart berkondisi Negative pressure sehingga meminimalisir udara dari dalam keluar dan memberikan rasa lebih aman kepada tenaga medis yang bertugas menjemput pasien covid-19.


Keywords


COVID-19, Tenaga medis, Cover, Negative Pressure

Full Text:

PDF

References


A. Asgar, Zain S, Widyasanti, dan Wulan. 2013. Kajian Karakteristik Proses Pengeringan Jamur Tiram (Pleurotus sp.) Menggunakan Mesin Pengering Vakum (Characteristics Study of Drying Process of Oyster Mushrooms (Pleurotus sp.) Using Vacuum Dryer). J. Hort. Vol. 23(4). 379-389.

Ellyvon, Pranita., Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--viruscorona-masuk-indonesia-dari-januari(30 Desember 2020)

Luthfiana. Nabila, Ratna Dewi Puspita Sari dan Arif Yudho P. 2019. Penatalaksanaan Ekstraksi Vakum pada Multigravida dengan Riwayat Seksio Sesarea Atas Indikasi Letak Lintang. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung. Vol 8 (2). 89-93.

Pahl, G and Beitz W. 1996. “Engineering Design”. Verlag London: Springer

Sumarji 2011. STUDI PERBANDINGAN KETAHANAN KOROSI STAINLESS STEEL TIPE SS 304 DAN SS 201 MENGGUNAKAN METODE U-BEND TEST SECARA SIKLIK DENGAN VARIASI SUHU DAN PH. Jurnal ROTOR. 4(1). 1-8




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j27213560.v2i1.9133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Nasional Amori licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/amori