Pra Desain Pabrik Olein Dari CPO Dengan Proses Physical Refining Dan Dry Fractionation

Helmi Kurnia Arnanda, Desy Puspitasari, Hikmatun Ni’mah, Firman Kurniawansyah

Abstract


Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi utama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Industri pengolahannya memberikan kontribusi yang penting dalam menghasilkan devisa dan lapangan pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan minyak kelapa sawit  merupakan industri hulu yang sangat penting bagi berbagai industri lainnya, seperti: makanan, kosmetik, sabun dan cat. Bahkan akhir-akhir ini ada upaya penggunaan minyak kelapa sawit sebagai bahan baku pembuatan bahan bakar alternatif. Kondisi ini memacu perkembangan industri pengolahan kelapa sawit, baik kebutuhan dalam negeri maupun ekspor. Dan perkembangan industri sejalan dengan semakin meningkatnya luas areal perkebunan kelapa sawit.

Pabrik Olein akan didirikan dan siap beroperasi pada tahun 2023, dengan pembelian peralatan pada tahun 2020 dan masa konstruksi selama 2 tahun (2021-2022). Lokasi pabrik direncanakan di daerah Musi Banyuasin, Kota Sekayu, Sumatera Selatan. Pemilihan lokasi pabrik ini berkaitan dengan ketersediaan bahan baku utama berupa Crude Palm Oil (CPO). Bahan baku utama dalam proses pembuatan Olein yaitu Crude Palm Oil (CPO) yang memiliki komposisi sebesar 93,60% Trigliserida (TGA), 1,75% Digliserida (DGA), 0,5% Monogliserida (MGA), 4% Free Fatty Acid (FFA), 0,06% Phosphatida, 0,03% Karoten, 0,06% Tocopherols. Adapun bahan baku tambahan berupa Asam Phospat dan Bleaching Earth. Dosis yang digunakan yaitu sebesar 0.044% dari feed yang masuk untuk asam phospat. Sedangkan untuk Bleaching Earth dosis yang digunakan yaitu 1.4% dari feed yang masuk. Kebutuhan tersebut bergantung pada kualitas CPO yang digunakan untuk proses produksi. Kapasitas produksi Olein direncanakan sebesar 340.000 ton olein/tahun. Perencanaan ini berdasarkan jumlah lahan yang dimiliki oleh pabrik dan jumlah raw material yang tersedia untuk proses produksi. Dalam pemenuhan kapasitas tahunan, pabrik akan beroperasi kontinyu 8 jam per hari selama 330 hari. Untuk memproduksi Olein sebesar 340.000 ton olein/tahun diperlukan bahan baku CPO sebesar 69.697,673 kg CPO/jam. Selain produk utama Olein, pabrik ini juga dapat memproduksi produk berupa stearin. Selain itu hasil Palm Fatty Acid Distillated (PFAD) dapat diolah menjadi biodiesel.

Proses pembuatan Olein dapat diuraikan menjadi 2 tahapan proses, yaitu Proses Refinery dan Proses Fraksinasi. Proses Refinery dapat dibagi menjadi 4 tahapan proses yaitu tahap Degumming, Bleaching, Filtrasi, dan Deodorisasi. Dari tahap ini akan diperoleh produk berupa Refined Bleach Deodorized Palm Oil (RBDPO). Selanjutnya dilanjutkan proses Fraksinasi yang dibagi menjadi dua tahapan proses yaitu kristalisasi dan filtrasi. Pada tahap ini akan diperoleh produk Olein dan Stearin. Dari perhitungan analisa ekonomi, dengan harga jual olein sebesar $607,5 per ton dan harga stearin sebesar $535 per ton. Adapaun diperoleh Internal Rate Return (IRR) sebesar 22,82%. Dengan IRR tersebut mengindikasikan bahwa pabrik layak untuk didirikan dengan suku bunga 9,75% dan waktu pengembalian modal (pay out period) selama 3,90 tahun. Perhitungan analisa ekonomi didasarkan pada discounted cash flow. Modal untuk pendirian pabrik menggunakan rasio 60% modal sendiri dan 40% modal pinjaman. Modal total yang dibutuhkan untuk mendirikan pabrik adalah sebesar Rp. 1.070.670.796.513,74 Sedangkan Break Event Point (BEP) yang diperoleh adalah sebesar 34,71%.


Keywords


CPO; Fraksinasi; Olein; Refinery; Stearin

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, Tabel Dinamis Subjek Ekspor-Impor, 2018. https://www.bps.go.id/subject/8/ekspor-impor.html#subjeViewTab6/. Diakses pada hari Selasa, 27 Maret 2018, pukul 20.00 WIB.

Bank Indonesia, Administrator, Stabilitas Sistem Keunangan, 2016. http://www.bi.go.id/moneter/inflasi/data/Default.aspx. Diakses pada hari Senin, 16 Jul, pukul 21.00 WIB.http://www.matche.com. Diakses pada hari Selasa, 17 Juli 2018, pukul 21.00 WIB.

G. G. Brown, “Unit Operation,” New York: John Wiley and Sons, Inc, 1950.

L. E. Brownell dan E. H. Young, “Process Equiment Deseign Vessel Design,” New Delhi: Wiley Eastern Limited, 1959.

J. M. Coulson and J. F. Richardson “Chemical Engineering,” vol. 6, John and Wiley and Sons, Inc., 1957.

C. J. Geankoplis, “Transport Process and Separation Process Principle,” United States of America: Prentice Hall, 2003.

D. M. Himmelblau, “Basic Principles and Calculations in Chemical Engineering,” Texas: Prentice-Hall International Inc., 1989.

J. J. Mc Ketta Jr. dan W. A. Cunningham, “Encyclopedia of Chemical Processing and Design,” vol. 14, New York: Marcel Decker inc., 1977.

D. Q. Kern, “Process Heat Transfer,” Tokyo: McGraw-Hill, 1965.

R. E. Kirk dan D.F. Othmer, “Encyclopedia of Chemical Technology,” 4th Edition, vol. 17, New York: Wiley and Sons. Inc., 2004.

D. Kunii and O. Levenspiel, “Fluidization Engineering,” USA: Butterworth-Heinemann, 1991.

R. E. Maple, “Petroleum Refinery Process Economics,” 2nd edition, United States of America: Penn Well Corporation, 2000.

W. L. McCabe, “Unit Operation of Chemical Engineering,” 5 nd Edition, Singapore: Mc Graw Hill International Book Co, 1994.

R. H. Perry, “Perry’s Chemical Engieer’s Handbook,” 8th Edition, United States of America: Mc Graw Hill, 2008.

M. S. Peters, dkk, “Plant Design and Economics for Chemical Engineers,” New York: McGraw-Hill Book Co.

PT Chandra Asri Petrochemical, tbk, Unipol LLDPE, Tokyo Engineering Corporation, 1995.

R, Smith, “Chemical Design and Integration,” Spanyol: John Wiley & Sons, Ltd, 2005

Ulman’s, “Encyclopedia of Industri Chemistry,” Volume 6A. New York: Weinhem, 1986.

G. D. Ulrich, “A Guide to Chemical Engineering Process Design and Economics,” United States of America: John Wiley & Sons, Ltd, 1984.

S, Van Ness, “Introdction to Chemical Engineering Termodynamics,” Singapore: McGraw-Hill Book Co, 2001

Yaws, “Termodinamics and Psychal Properties Data”, Singapore: McGraw-Hill Book Co, 1979.

Kusnarjo, “Desain Alat Penukar Panas”. Surabaya: ITSpress, 2010.

O. Levenspiel, “Chemical Reaction Engineering,” 2nd Edition, Toronto: Jhon Wiley and Sons, Inc., 1972.

E. E. Ludwig, “Apllied Process Design For Chemical and Petrochemical Plants,” Houston-Texas: Gull Publishing, 1974.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2964710X.v1i2.12768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Fundamentals and Applications of Chemical Engineering (JFAChE) by Department of Chemical Engineering, Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jts.