PRA DESAIN PABRIK “LIQUEFIED NATURAL GAS DARI GAS ALAM”

Muhammad Hidan Noer Fadl, Nadia Fahira, Annas Wiguno, Kuswandi Kuswandi

Abstract


Salah satu komponen vital dalam hal suplai energy yakni Natural gas, dengan karakteristik yang dimiliki natural gas sebagai energi yang bersih, aman dan paling efisien. Liquefied Natural Gas (LNG) yakni gas alam yang dicairkan dengan cara penurunan suhu sekitar -160˚C dan pada tekanan atmosfer. Liquefied Natural Gas merupakan metode yang sangat membantu transportasi Natural gas adar dapat terdistribusi secara menyeluruh. Liquefied Natural Gas dapat disimpan pada tangki atmosferik yang mudah diangkut dalam jumlah yang besar menuju tempat yang jauh dengan menggunakan kapal tanker dimana jalur pipa tidak tersedia atau jalur pipa tidak ekonomis. Pemanfaatan utama Liquefied Natural Gas sebagai sumber energi pembangkit listrik di Indonesia. Dimana telah diatur sepenuhnya oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara). Dengan berbagai macam teknologi Pembangkit Listrik yang tersedia di Indonesia, diantaranya adalah PLTG, PLTD, PLTA, PLTU, dan PLTG. Pembangunan Pabrik LNG ini akan didirikan didarat karena memiliki banyak keuntungan dibidang teknologi maupun ekonomi. Dengan teknologi yang yang telah banyak dikembangkan dan suah terbukti, sehingga penggunaan metode pengolahan dengan teknologi tersebut jauh lebih aman serta jika terjadi Accident seperti tumpahan maupun kebocoran akan lebih mudah ditangani Pabrik Liquefied Natural Gas ini direncanakan akan didirikan di Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan untuk pemasaran produk LNG akan diekspor ke Jepang. Pabrik ini memiliki kapasitas 500 MMSCFD. Proses pembuatan LNG dari gas alam ini menggunakan beberapa rangkaian proses yakni Unit Acid Gas Removal, Absorbsi Kimia, Unit Dehydration, Unit Liquefaction. Proses dibutuhkan bahan baku gas alam sebesar 438.545 kg/jam dapat menghasilkan LNG sebesar 383.645,8 kg/jam. Dengan kebutuhan panas total 2.002.266.152 Kj/jam.

Keywords


Liquefied Natural Gas; Gas Alam; Acid Gas Removal, Absorbsi Kimia; Unit Dehydration; Unit Liquefaction

Full Text:

PDF

References


R. Smith, "Chemical Process Design and Integration," Manchester: John Wiley & Sons Pte. Ltd., 2005.

R. H. a. D. G. Perry, "Perry’s Chemical Engineers’ Handbook," 7th ed., New York: McGraw-Hill Book Company, 2009.

Y. Ardillah, "Faktor Risiko Kandungan Timbal di Dalam Darah," Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, vol. 7, no. 03, p. 153, 2016.

E. Ludwig, "Applied Process Design for Chemical and Petrochemical," vol. I-III., Houston: Gulf Publishing Co., 1965.

C. J. Geankoplis, "Transport Processes and Unit Operations," 3rd ed., New Delhi: Prentice-Hall of India, 1997.

GPSA, "Engineering Data Book," 12th ed., Oklahoma: Gas Processors Suppliers Association, 2014.

G. D. Ulrich, "A Guide to Chemical Engineering Process Design and Economic," Canada: John Wiley & Sons., 1984.

D. Q. Kern, "Process Heat Transfer," International Edition, Tokyo: McGraw-Hill Book Company, 1965.

R. Coulson, "Chemical Engineering," third edition, volume 6, New York: Butterworth Heinemann, 1999.

M. S. K. D. T. a. R. E. Peters, "Plant Design and Economics for Chemical Engineers," 5th edition, Boston: McGraw-Hill Book Company, 2003.

H. Silla, "Chemical Process Engineering Design and Economics," New York: Marcel Decker, 2003.

A. R. Hallauer, "Dry Milling Process," in Specialty Corns, New York, CRC Press, p. 59, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2964710X.v2i2.14364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Fundamentals and Applications of Chemical Engineering (JFAChE) by Department of Chemical Engineering, Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jts.