Analisis Perhitungan Volume Galian Tambang Terbuka (Open Pit Mining) Menggunakan Interpolasi Metode Gridding

Hafezs Satriani Ramadhan, Akbar Kurniawan, Mohammad Rohmaneo Darminto

Abstract


Dalam kegiatan penambangan memerlukan perhitungan volume galian. Untuk mengetahui angka produksi, dilakukan perhitungan volume progress penambangan setiap per bulannya. Perhitungan volume diolah dengan 3D Modelling menggunakan sebuah software pertambangan. Perhitungan galian memiliki permasalahan yang kompleks serta volume galian akan sangat berpengaruh terhadap perhitungan cadangan sumberdaya batubara, oleh karena itu perhitungan volume galian harus dilakukan seteliti mungkin agar tidak ada yang dirugikan. Penelitian ini akan mencoba mengkaji perhitungan volume menggunakan teknik gridding yang hasilnya akan dibandingkan dengan volume hasil galian yang diangkut oleh dump truck. Perhitungan volume dilakukan dengan menggunakan metode Trapezoidal dengan interpolasi menggunakan beberapa metode gridding meliputi Inverse Distance Weight to a Power (IDW), Triangulation with Linear Interpolation, Finite Element Method (FEM), Finite Difference Method (FDM). Hasil perhitungan dari beberapa metode dalam perangkat lunak tersebut dibandingkan terhadap nilai volume batubara yang terangkut (Aktual) dengan mengacu pada toleransi ASTM (American Society for Testing and Materials), yakni batas maksimal persentase selisih hasil perhitungan volume, yaitu sebesar 2,78%. Dari hasil perhitungan volume didapatkan nilai selisih volume yang beragam, metode FEM memperoleh hasil terbaik dengan selisih perhitungan 11,933.13 m3 terhadap volume aktual atau sebesar 0.181% pada bulan juni dan selisih perhitungan 5,698.86 m3 terhadap volume aktual atau sebesar 0.084% pada bulan juli, sedangkan untuk ketelitian terendah adalah menggunakan metode Inverse Distance to a Power (IDW) dengan selisih volume sebesar -233,873.86 m3 atau mencapai -3.543% untuk bulan juni dan -241,981.57 m3 atau mencapai -3.560% untuk bulan juli, hal ini disebkan karena surface yang terbentuk pada interpolasi grid IDW tidak sesuai dengan bentuk permukaan sebenarnya sehingga perhitungan volume tidak akurat.

Keywords


Terestrial; Pemetaan; Tambang; Survey

Full Text:

PDF

References


Abdelazim M. Negm. (2016). Modeling of Fertilizer Transport Through Soil, Case Study: Nile Delta. Water and Water Structures Engineering Department, Faculty of Engineering, Zagazig University, Zagazig 44519, Egypt.

Desmawita. (2020). Estimasi Volume Endapan Batubara Berdasarkan Batas Tambang Menggunakan FEM Dan IDW. Jurnal Pertambangan Vol.4 No. 4 November 2020. ISSN 2549-1008.

Edwin Gilang Pratama, Arno. (2013). Estimasi Cadangan Batukapur Dengan Metode Cross Section Dibandingkan Dengan Metode Kontur. Teknik Pertambangan Universitas Hasanuddin. Geosains Vol. VI No. 01 2013.

Julianto Sasono, Eko. (2012). Aplikasi Metode Numerik Dalam Perhitungan Luas Dan Volume Badan Kapal Yang Berada Di Bawah Permukaan Air Laut.

Mann, Jacob dan Brian Riget Broe. (2006). Conversion of Contours to Cartesian Grids. Wind Energy Department, Riso-R-1564 (EN). Riso National Laboratory Rosklide, Denmark.

Muda Purwaamijaya, Iskandar. (2018). Kajian Gridding Method Untuk Membuat Contour Line, Post Map Dan Wireframe Peta Situasi Pekerjaan Teknik Sipil. Konferensi Nasional Teknik Sipil. Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pendidikan Indonesia.

Raja Lama, Agustinus. (2019). Analisis Ketelitian Perhitungan Volume Galian Menggunakan Data Gridding Dan Tanpa Gridding Pada Pekerjaan Bendungan. Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik, Institut Teknologi Nasional Malang.

Respatti, Erial. (2014). Perbandingan Metode Ordinary Kriging dan Inverse Distance Weighted untuk Estimasi Elevasi Pada Data Topografi (Studi Kasus: Topografi Wilayah FMIPA Universitas Mulawarman). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman

Rohmat Tulloh, Muhammad Ubayu Rizqi. (2020). Analisis Perbandingan Perhitungan Volume Bersih Galian dan Timbunan (Net Volume) dengan Metode Trapezoidal dan Borrow Pit pada Perangkat Lunak Autocad Civil 3D. Departemen Teknik Geomatika, FTSLK-ITS, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Syaeful Hadi, Bambang. (2013). Metode Interpolasi Spasial Dalam Studi Geografi Jurusan Pendidikan Geografi, FIS, Universitas Negri Yogyakarta.

Santoso, Dwi. (2020). Hitungan Volume Pengerukan. Hidro-Oseanografi, STTAL. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian. Institut Teknologi Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v17i1.10369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.