Analisis Pembuatan Peta Orthomosaic Menggunakan Perangkat Lunak Open Source WebODM

Sultan Alifian Hapriansyah, Husnul Hidayat

Abstract


Fotogrametri merupakan suatu seni dan ilmu sains dalam membuat informasi 3D dari hasil foto. Untuk mendapatkan informasi 3D, software fotogrametri membutuhkan lebih banyak informasi seperti orientasi dan parameter kamera dari foto yang didapatkan dari dua foto atau lebih yang saling bertampalan. Hasil akhir dari proses tersebut berupa lines, surfaces, texture maps, dan model 3D. Pada penelitian yang dilakukan oleh penulis, data yang digunakan adalah data foto udara dan GPS wilayah Kebonwaris, Kecamatan Pandaan, Pasuruan – Jawa Timur. Sofware yang digunakan dalam penelitian ini adalah WebODM versi 2.4.12. Pada dasarnya pengolahan data dimulai dari import images, import control point, build point clouds, build mesh, build terrain model, dan build orthomosaic. Nilai yang didapatkan WebODM untuk RMSe horisontal sebesar 1,841 m dan RMSe vertikal sebesar 1,139 m, dan nilai resolusi WebODM sebesar ≈6cm/piksel. Berdasarkan hasil penelitian ini, skala dan kelas yang paling sesuai dengan PERKA BIG Nomor 6 Tahun 2018 dan PERKA BIG Nomor 1 Tahun 2020 adalah skala 1:5.000 kelas 2.

Keywords


Fotogrametri; Orthomosaic; Orthofoto; Open Source; OpenDroneMap

Full Text:

PDF

References


Hidayat, H. dan Sukojo, B. M. (2017). “Analysis of Horizontal Accuracy for Large Scale Rural Mapping Using Rotary Wing UAV Image”. Department of Geomatics Engineering, ITS, Surabaya.

OpenDroneMap. Ground Control Points, . Diakses tanggal 06 Juni 2021.

OpenDroneMap. WebODM Drone Mapping Software, . Diakses tanggal 29 Januari 2021.

PERKA BIG Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Teknis Ketelitian Peta Dasar.

PERKA BIG Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Standar Pengumpulan Data Geospasial Dasar Untuk Pembuatan Peta Dasar Skala Besar.

PhotoModeler. (2019). How Does Photogrammetry Work?, . PhotoModeler Technologies. Diakses pada tanggal 28 Februari 2021.

Rizky, T. N. , (2020). “Analisis Pembuatan Peta Ortofoto Dengan Data Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Menggunakan Perangkat Lunak Open Source OpenDroneMap”. Tugas Akhir. Departemen Teknik Geomatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Wolf P. R. dan Dewitt B. A. (2000). Elements of Photogrammetry with Applications in GIS 3rd Edition. The McGraw-Hill Companies. United States of America.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v18i1.10479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.